Trump: AS-Tiongkok Akan Sepakati Perjanjian Dagang

Trump: AS-Tiongkok Akan Sepakati Perjanjian Dagang
Presiden AS Donald Trump (kanan) berbicara saat pertemuan perdagangan dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He (kiri) di Kantor Oval di Gedung Putih di Washington, DC, AS, Kamis (4/4/2019). ( Foto: AFP / JIM WATSON )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 5 April 2019 | 20:47 WIB

Washington,Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Kamis (4/4) mengatakan AS dan Tiongkok mungkin akan melakukan perjanjian perdagangan "epik" dalam waktu satu bulan.

Tapi, sembilan bulan setelah perang dagang kedua negara, pengumuman itu seolah menjadi anti-klimaks. Pasalnya, Gedung Putih sebelumnya justru memicu antisipasi bahwa Trump dapat mengumumkan tanggal untuk pertemuan puncak untuk mencapai kesepakatan akhir dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Pasar global juga telah bersiaga dalam beberapa hari terakhir, dibangunkan dengan harapan bahwa pertikaian antara dua ekonomi utama dunia akhirnya berakhir.

“Kami mungkin akan tahu selama empat minggu ke depan. Mungkin perlu dua minggu setelah itu,” kata Trump kepada wartawan setelah pertemuan dengan utusan perdagangan Beijing Liu He.

Pembicaraan akan berlanjut untuk hari ketiga pada Jumat (5/4). Trump mengatakan pada Februari lalu bahwa pertemuan puncak dapat terjadi dalam waktu satu bulan.

Meskipun Trump sangat menyambut positif pembicaraan pada Kamis (4/4), Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan kepada wartawan bahwa masalah utama belum diselesaikan.

Baik pejabat AS dan Tiongkok telah memproyeksikan optimisme hati-hati selama berbulan-bulan. Tetapi tahapan terakhir terbukti menjadi yang paling sulit, dengan kedua belah pihak dilaporkan bertengkar tentang apakah dan kapan Washington harus menghapus tarif hukuman yang dikenakan tahun lalu pada barang-barang Tiongkok.



Sumber: Suara Pembaruan