Relawan Jokowi-Ma'ruf Gelar Acara Serentak di 8 Kota AS

Relawan Jokowi-Ma'ruf Gelar Acara Serentak di 8 Kota AS
Relawan Jokowi-Ma'ruf di Amerika Serikat. ( Foto: dok )
/ YUD Minggu, 7 April 2019 | 15:38 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Relawan Jokowi-Ma'ruf di Amerika Serikat menggelar acara serentak di delapan kota di Amerika Serikat bagian barat hingga timur, Sabtu (6/4/2019) waktu setempat.

Berdasarkan siaran pers, relawan dari Dallas, Houston, Las Vegas, Los Angeles, New York, Oregon, Portsmouth, dan Seattle, Amerika Serikat, yang tergabung dalam konsolidasi nasional Amerika BerSATU, kembali mengadakan acara di delapan kota di AS untuk meneguhkan dukungan kepada Paslon 01 Jokowi-Ma’ruf.

Di Dallas, Texas, relawan yang berjumlah sekitar 130 orang berkumpul untuk menunjukkan dukungan mereka kepada Paslon 01 melalui acara piknik bersama.

Acara yang dimulai pukul 16.00 sore waktu setempat, diawali dengan penjelasan dan diskusi perihal Pemilu yang akan diadakan pada 13 April mendatang di AS (empat hari lebih awal dari 17 April di Indonesia), dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan Deklarasi #AmerikaBerSATU. Para relawan juga secara kompak melakukan flashmob bertemakan Jokowi.

Ronny Rusli, koordinator gerakan #Dallas4Jokowi menjelaskan antusiasme masyarakat pada kegiatan ini.

“Kami bulat mendukung Jokowi karena kami melihat pemerintahan beliau yang berjalan baik semenjak menjadi walikota Solo, kemudian Gubernur DKI, dan sekarang Presiden RI. Kami mendukung pelayanan masyarakat yang jujur dan bersih dan bukan untuk kepentingan pribadi. Kami berharap beliau dapat memimpin kembali dalam 5 tahun mendatang untuk membawa kemajuan bagi bangsa kita,” ujarnya.

Di Houston, Texas, sekitar 50-an relawan Jokowi mengadakan Bazaar di Taman George Bush. Acara ini dihadiri beberapa tokoh masyarakat Indonesia di Houston, dan berlangsung semarak.

Baby Amtar, koordinator #Houston4Jokowi, mengatakan, “Mari kita bersama-sama, baik Jokowers yang tergabung dalam gerakan #AmerikaBerSATU maupun di seluruh dunia, untuk berdoa agar Presiden Jokowi dapat meneruskan masa jabatannya untuk periode ke-2 bersama KH Ma’ruf Amin. Salam Amerika BerSATU, untuk nomor SATU,” ujar dia.

Di Las Vegas, Nevada, bertempat di hadapan landmark terkenal “Welcome to Fabulous Las Vegas, Nevada,” para pendukung Jokowi-Ma’ruf dari komunitas #LasVegas4Jokowi, bersemangat meneriakkan “Las Vegas untuk Jokowi 2 Periode! Amerika BerSATU!”.

"Saya sungguh terharu dengan kesungguhan teman-teman yang meskipun sibuk, menyadari betapa pentingnya pemilu kali ini untuk kelangsungan NKRI. Meskipun acara kami tidak se-wah di kota-kota besar, setidaknya, kami ingin Pak Jokowi tahu bahwa beliau juga didukung, sehati oleh kami disini,” ujar Shanty Jones, WNI yang sudah 14 tahun berdomisili di Las Vegas.

Di Los Angeles, California, tepatnya di West Covina, terdengar seruan sekitar 500-an relawan “Jokowi, Menang, Menang, Menang, Amin!” Panitia acara #LA4Jokowi (Los Angeles for Jokowi) ini juga menyediakan bendera Indonesia untuk dibagian kepada para peserta.

Yang menjadi kejutan pada acara ini adalah diputarnya video sambutan dari Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir oleh sebab kehadiran puteranya, Mahendra Agakhan Thohir dan keponakannya, Gama Thohir.

Mengenai acara ini, salah satu koordinator acara dan sesepuh Amerika BerSATU David Mulyatno memberikan komentarnya, “Kami berharap Jokowi-Ma’ruf yang akan terpilih untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang."

David menyampaikan ini bukan kegiatan yang pertama untuk Paslon 01, tapi tetap saja ramai pendukung.

"Kini ini kami lebih kuat lagi dengan terjadinya konsolidasi nasional Amerika BerSATU. Semoga semangat Persatuan Indonesia yang kami galang disini sampai juga ke Indonesia. Berhentilah memecah belah Indonesia,” ujarnya.

Acara di LA ditutup dengan lagu dangdut “Jokowi Wae” dan foto bersama.

Di New York, seminggu setelah suksesnya acara Hop on Hop off yang diselenggarakan #RelawanJokowiNY, para relawan kini mengadakan Malam Bhinekka Tunggal Ika, yang dihadiri sekitar 300-an relawan.

Yang unik pada acara ini adalah para relawan secara kompak mempergunakan pakaian daerah atau batik. Turut hadir dalam acara ini artis legenda Berlian Hutauruk yang meluangkan waktu disela lawatan singkatnya di New York.

Relawan Jokowi New York yang sudah dikenal kompak ini kemudian menutup acara dengan foto bersama dan yel-yel.

Di Pantai Timur AS, tepatnya di Portsmouth, New Hampshire, warna merah putih tampak memenuhi taman kota di Peirce Island, New Hampshire.

Hadir di acara ini sekitar 200-an relawan #NewHampshire4Jokowi yang datang untuk mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi-Amin.

“Jokowers disini semuanya sangat antusias," ujar Jeffry Simanjuntak, koordinator acara yang sudah tinggal di New Hampshire selama 20 tahun.

Acara ini juga diramaikan oleh relawan dari negara bagian sekitar yaitu Maine, Vermont, dan Massachusetts.

Sementara itu di Salem, Oregon, bertempat di depan Oregon State Capitol, meskipun terguyur hujan deras, para relawan tetap berkumpul untuk mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Paslon 01.

Acara ini dikomandoi oleh Maria Pallo, mahasiswa tingkat akhir Corban University dan dihadiri oleh kurang lebih 30 relawan dari komunitas #Oregon4Jokowi.

“Saya belum pernah kampanye seperti ini tapi senang skali bisa dapat kesempatan untuk gabung dengan #AmerikaBerSATU untuk mendukung Pak Jokowi. Teman-teman yang datang juga semangatnya tinggi sekali untuk mendukung Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf,” ujar Maria yang lahir di Sentani, Papua.

Salah satu pesan yang disampaikan dari deklarasi ini adalah untuk semua masyarakat Indonesia di Amerika maupun Indonesia agar menggunakan hak pilih mereka pada tanggal 13 waktu Amerika dan tanggal 17 waktu Indonesia dengan baik dan jangan golput.

Di ujung barat AS, tepatnya di Seattle, Washington State, sekitar 150-an relawan berkumpul di salah satu gedung serbaguna di pusat kota Seattle untuk bersama-sama menyuarakan dukungan mereka kepada Jokowi-Ma’ruf dalam acara Seattle BerSATU.

Relawan yang tergabung dalam gerakan konsolidasi nasional #AmerikaBerSATU ini membuka acara dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf, kemudian dilanjutkan dengan orasi oleh beberapa tokoh masyarakat Indonesia di Seattle.

Kemudian semua peserta berjoget bersama diiringi lagu-lagu yang biasa diputar di acara dukungan ke Jokowi.

“Dengan diadakannya gathering #Seattle4Jokowi ini kami mendukung penuh pasangan Jokowi-Ma’ruf dan menyampaikan pesan positif kepada masyarakat Indonesia yang belum memastikan pilihannya, yaitu untuk memilih pasangan #01, karena Presiden Jokowi sudah terbukti prestasi, integritas, kompetensi di dalam dan luar negeri dan kejujurannya,” ujar Greg Dwidjaya, salah satu koordinator acara ini.

Delapan acara di berbagai titik di AS adalah bagian dari serangkaian acara yang diselenggarakan secara serentak dalam konsolidasi nasional Amerika BerSATU untuk Jokowi-Ma’ruf.

Sebagai catatan, penutupan masa kampanye di Amerika Serikat dilaksanakan pada Minggu, 7 April 2019. Kegiatan akan dilaksanakan serentak di 11 kota yaitu Ames, IA (#Iowa4Jokowi), Austin, TX (#GreaterAustin4Jokowi), Ann Arbor (#Michigan4Jokowi), Charlotte, NC (#Carolinas4Jokowi), Chicago (#Chicago4Jokowi), Minnesota (#Minnesota4Jokowi), Oklahoma (#Oklahoma4Jokowi), Sacramento / San Francisco (#Sacramento4Jokowi dan #SFBayArea4Jokowi), Philadelphia (#Philly4Jokowi) dan Washington, DC (#DC4Jokowi), yang akan menyelenggarakan Festival Rakyat Indonesia Satu #FRIS.

 



Sumber: ANTARA