Trump Pecat Direktur Dinas Rahasia AS

Trump Pecat Direktur Dinas Rahasia AS
Randolph Alles ( Foto: AFP / ANDREW CABALLERO-REYNOLDS )
Jeanny Aipassa / WIR Selasa, 9 April 2019 | 11:24 WIB

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dilaporkan telah memecat Direktur Dinas Rahasia (Secret Service Agency/SSA), Randolf Alles, pada Senin (8/4).

Pemecatan Alles dilakukan sehari setelah Menteri Keamanan Dalam negeri (DHS), Kirstjen Nielsen mengajukan pengunduran diri.

Sumber di Gedung Putih mengatakan pengunduran diri Nielsen dan pemecatan Alles terkait dengan tekanan mengenai masalah tembok perbatasan AS-Meksiko. Alles telah melaporkan tentang pemecatannya kepada Nielsen yang telah mengundurkan diri.

Namun Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, tidak mengkonfirmasi bahwa Alles mundur atau dipecat Trump. Saat memberikan pernyataan pers, Sanders hanya menyampaikan Presiden Trump berterima kasih atas pengabdian Alles.

“Randolf Alles telah melakukan pekerjaan besar di agensi selama dua tahun terakhir, dan presiden berterima kasih atas pelayanannya selama lebih dari 40 tahun bagi negara,” ujar Sanders.

Dia mengungkapkan, Presiden Trump telah menunjuk James Murray, seorang pejabat karir di SSA untuk menggantikan Alles dan mengambil alih tugas sebagai Direktur SSA pada Mei 2019. Dengan demikian, Alles masih akan menyelesaikan tugasnya sampai akhir April 2019.

CBS melaporkan bahwa Alles diminta untuk pergi sekitar 10 hari yang lalu, sebelum insiden 30 Maret di mana seorang wanita Tiongkok yang membawa perangkat malware diduga berbohong untuk mengakses klub golf pribadi Trump, Mar-a-Lago.

Pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer, menyerukan Alles untuk bersaksi di depan Kongres tentang "potensi kerentanan keamanan di Mar-a-Lago" setelah penangkapan wanita itu. Namun Trump menyatakan tetap menghargai kerja SSA.



Sumber: Suara Pembaruan