Menangi Pemilu, Netanyahu Catat Rekor Masa Jabatan Kelima

Menangi Pemilu, Netanyahu Catat Rekor Masa Jabatan Kelima
Benjamin Netanyahu berkampanye saat jelang pemilu Israel. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 10 April 2019 | 16:12 WIB

Tel Aviv, Beritasatu.com- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kemungkinan akan mengamankan rekor masa jabatan kelima. Seperti dilaporkan BBC, Rabu (10/4), hasil hampir lengkap dari pemilihan Israel menunjukkan kemenangan koalisi sayap kanan baru.

Partai Likud pimpinan Netanyahu diperkirakan akan berakhir dengan jumlah kursi yang sama seperti persekutuan koalisi kepala militer Benny Gantz, Partai Biru dan Putih.

Menurut media lokal, Likud dan sekutu sayap kanan akan menjadi blok terbesar dengan 65 kursi di 120 kursi Knesset.

“Ini akan menjadi pemerintahan sayap kanan, tetapi saya akan menjadi perdana menteri untuk semua. Saya sangat tersentuh bahwa rakyat Israel memberi saya kepercayaan diri untuk kelima kalinya, dan kepercayaan diri yang lebih besar daripada pemilihan sebelumnya,” kata Netanyahu disambut pendukung yang bersorak.

Meskipun perdana menteri berusia 69 tahun menghadapi tuduhan korupsi, hasil pemilihan umum memperlihatkan Netanyahu bisa menjadi perdana menteri terlama di Israel akhir tahun ini, menyusul Bapak Pendiri Israel David Ben-Gurion.

Pada Selasa (9/4) malam, penghitungan suara telah memprediksi pemilu tanpa pemenang yang jelas, mendorong baik Netanyahu dan pemimpin Partai Biru dan Putih Benny Gantz saling mengklaim kemenangan.

“Saya bermaksud menjadi perdana menteri semua warga negara Israel. Kanan, kiri, Yahudi, non-Yahudi. Semua warga negara Israel,” tambah Netanyahu.

Tidak ada partai yang pernah memenangi suara mayoritas dalam parlemen 120 kursi Israel dan Isarel selalu memiliki pemerintahan koalisi.



Sumber: Suara Pembaruan