Rosmah Mansor Jalani Persidangan Kedua Kasus Proyek Tenaga Surya

Rosmah Mansor Jalani Persidangan Kedua Kasus Proyek Tenaga Surya
Foto dokumentasi ini memperlihatkan istri mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor (berkerudung oranye), tiba di gedung pengadilan Kuala Lumpur, Kamis (4/10/2018). ( Foto: AFP / MANAN VATSYAYANA )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Rabu, 10 April 2019 | 16:18 WIB

Putrajaya, Beritasatu.com- Rosmah Mansor, yaitu istri dari mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak,  menjalani persidangan kedua kalinya pada Rabu (10/4). Rosmah menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi proyek tenaga surya untuk sekolah-sekolah pedesaan di Sarawak.

Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC), Selasa (9/4), menyatakan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari Kamar Jaksa Agung untuk membuat tuntutan atas Rosmah.

Rosmah yang berusia 67 tahun akan dituntut di bawah Pasal 16(A)(a) dari Undang-undang MACC. Rosmah terlihat masuk ke gedung MACC setelah keluar dari mobil hitam Proton Perdana, Selasa, sekitar pukul 13.45 waktu setempat, lalu pergi setelah dua jam kemudian.

Pada 15 November 2018, Rosmah menyatakan tidak bersalah dalam Pengadilan Sesi untuk dua dakwaan meminta uang 187,5 juta ringgit (Rp 647,8 miliar) dan menerima 1,5 juta ringgit (Rp 5,1 miliar) untuk proyek-proyek yang menyediakan tenaga surya kepada 369 sekolah pedesaan di Sarawak

Dakwaan itu dibuat di bawah Pasal 16(a)(A) dari UU MACC, dengan ancaman penjara sampai 20 tahun dan denda tidak kurang lima kali dari jumlah gratifikasi atau 10.000 ringgit (Rp 34,5 juta)



Sumber: Suara Pembaruan