Infeksi Dada, Dalai Lama Masuk RS di India

Infeksi Dada, Dalai Lama Masuk RS di India
Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama ( Foto: AFP Photo )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 10 April 2019 | 21:56 WIB

Tibet, Beritasatu.com- Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama telah dirawat di rumah sakit di ibu kota India, Delhi, Rabu (10/4). Dia dilaporkan mengalami infeksi di dada, tetapi kondisinya masih cukup stabil.

Pembantu pribadi, Tenzin Taklha, mengatakan dia diterbangkan ke Delhi dari pangkalan kota bukitnya setelah mengeluh tidak nyaman.

Pemimpin spiritual Tibet berusia 83 tahun itu melarikan diri ke India 60 tahun yang lalu setelah pemberontakan yang gagal terhadap pemerintahan Tiongkok

Peraih Nobel Perdamaian itu adalah pembicara yang sangat populer tetapi telah mengurangi aktivitas globalnya dalam beberapa tahun terakhir.

"Dokter telah mendiagnosis dia menderita infeksi dada dan dia sedang dirawat karena itu. Kondisinya stabil sekarang. Dia akan dirawat selama dua-tiga hari di sini," kata Tenzin Taklha mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Tiongkok mengambil kendali atas Tibet pada tahun 1950 dan melihat Dalai Lama sebagai separatis yang berbahaya. Siapa yang akan menggantikan Dalai Lama ketika dia meninggal tetap tidak jelas dan kontroversial.

Tiongkok menyatakan para pemimpinnya memiliki hak untuk memilih pengganti Dalai Lama. Namun bulan lalu, Dalai Lama menegaskan kembali bahwa pemimpin yang diangkat oleh Tiongkok tidak akan diterima oleh orang Tibet.

Dalam kepercayaan Buddha Tibet, jiwa lama yang paling senior bereinkarnasi ke dalam tubuh seorang anak.



Sumber: Suara Pembaruan