Bawaslu Kerja Keras Selesaikan Kasus Surat Suara Tercoblos

Bawaslu Kerja Keras Selesaikan Kasus Surat Suara Tercoblos
Ketua Bawaslu Abhan ( Foto: Beritasatu.com/Yustinus Paat )
Yustinus Paat / YUD Sabtu, 13 April 2019 | 17:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan pihaknya bekerja keras agar kasus surat suara tercoblos di Malaysia bisa segera selesai secepatnya. Pasalnya, Bawaslu mempertimbangkan waktu pemungutan di Malaysia yang akan berlangsung, besok, Minggu, 14 April 2019.

"Kami hari ini, siang ini sampai nanti malam itu akan kerja keras," ujar Abhan di Kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Abhan mengatakan tim Bawaslu beserta KPU masih berada di Malaysia untuk melakukan investigasi terhadap temuan surat suara tercoblos tersebut. Sampai saat ini, kata Abhan, timnya belum memberikan informasi perkembangan temuan surat suara tersebut.

"Apalagi sampai tadi pagi, kita belum bisa masuk di tempat dua titik yang ada dugaan surat suara itu (yang audah tercoblos) karena ada police line-nya," ungkap dia.

Bawaslu dan KPU, lanjut Abhan sudah berkoordinasi dan mengajukan surat ke polisi Malaysia agar diizinkan masuk ke tempat ditemukan surat suara tercoblos. Pihaknya juga bersama-sama dengan kedubes Indonesia di Malaysia melakukan pengecakan. Apalagi Kemlu juga sudah menerjunkan Dirjen ke Malaysia.

"Pada prinsipnya kami berharap ini bisa selesai, agar bisa tuntas persoalannya. Sebetulnya ini sangat mudah kalau KPU bisa menyampaikan itu surat suaranya betul (asli) atau tidak, produknya dia atau tidak," pungkas Abhan.



Sumber: BeritaSatu.com