Trump Sarankan Boeing Lakukan Rebranding

Trump Sarankan Boeing Lakukan Rebranding
Presiden AS Donald Trump. ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 16 April 2019 | 12:01 WIB

Washington, Beritasatu.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Senin (15/4) secara terbuka merekomendasikan Boeing "mengubah citra". Usulan Trump itu berdasarkan pesawat 737 Max yang bermasalah setelah dua kecelakaan fatal menyebabkan landasan model dan kritik luas terhadap perusahaan.

"Apa yang saya ketahui tentang branding, mungkin tidak ada (tapi saya memang menjadi Presiden!), Tetapi jika saya adalah Boeing, saya akan MEMPERBAIKI Boeing 737 MAX, menambahkan beberapa fitur hebat tambahan, & MEREKRUT pesawat dengan nama baru," kicau sang presiden.

Trump melanjutkan, "Tidak ada produk yang menderita seperti ini. Tetapi sekali lagi, apa yang saya tahu?"

Bulan Maret lalu, atas arahan Presiden, Administrasi Penerbangan Federal memerintahkan pesawat yang ditarik dari layanan setelah dua kecelakaan fatal terkait dengan sistem stabilisasi dan pembacaan sensor yang salah.

Pesawat Ethiopian Airlines  302 jatuh pada 10 Maret pagi setelah lepas landas dari Addis Ababa dalam perjalanan ke Nairobi, Kenya. Kecelakaan itu menewaskan semua 157 orang di dalamnya. Sementara Lion Air Penerbangan 610 jatuh ke Laut Jawa di Indonesia pada bulan Oktober setelah lepas landas dari Jakarta. Semua 189 orang di dalam pesawat Boeing 737 Max itu meninggal.

Pemerintah AS adalah salah satu yang terakhir di dunia yang menunda operasional pesawat Boeing setelah puluhan negara lain melarang. Penundaan operasi itu terjadi di tengah meningkatnya tekanan dari anggota parlemen dan serikat buruh maskapai penerbangan untuk menangguhkan penerbangan.



Sumber: Suara Pembaruan