Badai Melanda India, 32 Orang Tewas

Badai Melanda India, 32 Orang Tewas
Ilustrasi badai. ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 17 April 2019 | 19:36 WIB

Madhya Pradesh, Beritasatu.com- Setelah Afghanistan dan Pakistan, badai mematikan mengamuk di utara India pada Rabu (17/4), yang mengakibatkan setidaknya 32 orang tewas.

Menurut situs berita Indian Express, hujan deras dan badai petir telah menewaskan sedikitnya 32 orang di India barat laut. Negara bagian tengah Madhya Pradesh melaporkan 16 kasus kematian, diikuti 10 kasus di Gujarat dan enam kasus di Rajasthan.

Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan sangat sedih jatuhnya korban jiwa itu.

“Simpati saya kepada keluarga yang berduka. Pihak berwenang memantau situasi dengan sangat cermat. Semua kemungkinan bantuan diberikan kepada mereka yang terkena dampak,” katanya dalam kicauan Twitter.

Badai melanda pada waktu tahun yang biasanya kering di seluruh wilayah, tetapi sistem cuaca menyeret kelembaban dari Laut Arab, menciptakan badai ganas.

Cuaca buruk yang memengaruhi India adalah kondisi serupa yang juga menyebabkan kerusakan luas di Pakistan dan Afghanistan. Banjir di Afghanistan menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai 17 orang lainnya, sementara beberapa rumah hancur dan kawanan ternak hanyut. Di Pakistan, setidaknya 14 orang tewas akibat badai.

Peringatan cuaca masih berlaku di India utara pada Rabu (17/4), dengan kecepatan angin hingga 70 km per jam diperkirakan akan menyertai badai. Bagian timur negara bagian Madhya Pradesh dan Chhattisgarh diperkirakan menjadi daerah yang paling parah terkena dampaknya.



Sumber: Suara Pembaruan