Mantan Presiden Peru Coba Bunuh Diri

Mantan Presiden Peru Coba Bunuh Diri
Mantan presiden Peru, Alan Garcia ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 17 April 2019 | 21:25 WIB

Lima, Beritasatu.com- Mantan presiden Peru Alan Garcia telah menembak dirinya sendiri dan kini dalam kondisi kritis, Rabu (17/4). Percobaan bunuh diri itu dilaporkan kantor berita negara Andina.

Akibat luka berat di bagian leher, Garcia segera dilarikan ke rumah sakit di ibu kota Peru, Lima pada Rabu (17/4).

"Mantan presiden membuat keputusan untuk menembak dirinya sendiri," kata pengacaranya Erasmo Reyna di luar rumah sakit Casimiro Ulloa.

Garcia sedang diselidiki untuk penyuapan sehubungan dengan skandal korupsi besar-besaran yang telah menelan sejumlah mantan pemimpin Amerika Latin. Pria berusia 69 tahun itu pernah menjabat sebagai presiden Peru dari 1985 hingga 1990 dan dari 2006 hingga 2011.

Sumber yang dekat dengan penyelidikan mengatakan kepada CNN bahwa pihak berwenang Peru telah mengeluarkan perintah untuk penahanan Garcis secepatnya.

Garcia dituduh menerima suap dari salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Amerika Latin. Dilaporkan, suap itu berasal dari perusahaan yang berpusat di Brasil, Odebrecht. Uang suap diberikan saat pembangunan kereta listrik untuk metro Lima.

Pada saat itu, Garcia menjadi presiden selama masa jabatan keduanya. Namun ia membantah klaim tersebut.

Pada November tahun lalu, Garcia telah meminta suaka di kedutaan Uruguay setelah seorang hakim melarangnya meninggalkan negara itu selama 18 bulan. Pemerintah Uruguay menolak permintaan itu pada Desember.

Garcia menjadi presiden Peru yang termuda ketika ia terpilih untuk pertama kalinya pada usia 36 tahun.



Sumber: Suara Pembaruan