Jokowi-Ma'ruf Menang di Belgia

Jokowi-Ma'ruf Menang di Belgia
Pemilu 2019. ( Foto: BeritaSatu Photo )
/ YUD Rabu, 17 April 2019 | 22:03 WIB

London, Beritasatu.com - Penghitungan suara yang dilakukan PPLN Belgia pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'rufAmin keluar sebagai pemenang Pilpres 2019 di Belgia dan Luksemburg yang dilakukan Rabu (17/4/2019) sejak pukul 09.00 pagi waktu Belgia.

Sekretaris Pertama Fungsi Konsuler KBRI Brussel, Dara Yusilawati mengatakan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dengan perolehan 807 suara (82 persen), mengalahkan Probowo-Sandi dengan perolehan suara 175 (18 persen).

Penghitungan suara di Belgia berlangsung ramai. Selain disaksikan secara langsung oleh sejumlah saksi dari perwakilan partai dan calon PPWP, masyarakat dan diaspora Indonesia, Dubes RI untuk Belgia merangkap Uni Eropa dan Luksemburg, Yuri O. Thamrin, segenap pejabat dan staf KBRI Brussel, penghitungan suara juga disiarkan secara "live" atau langsung lewat sosial media untuk menjangkau masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai kota di Belgia dan Luksemburg.

Pemilu di Belgia telah dilaksanakan pada hari Sabtu (13/4), sedangkan di Luksemburg dilaksanakan Minggu (14/4), dengan tertib, aman dan lancar. Namun penghitungan suara, sebagaimana arahan KPU, dilaksanakan pada hari Rabu (17/4) serentak dengan penghitungan suara di Indonesia.

Dari sekitar 1.755 orang pemilih yang terdaftar, sekitar 1.025 atau hampir 60 persen menggunakan hak suaranya pada pemilu kali ini. 603 orang pemilih hadir di TPS di Belgia dan Kotak Suara Keliling di Luksemburg, sedangkan sekitar 480 orang menyalurkan hak pilihnya melalui pos.

Jumlah surat suara yang digunakan, namun dinyatakan tidak sah berjumlah sekitar 43 .Penghitungan suara untuk pemilihan perwakilan DPR Dapil Jakarta II masih terus berlangsung dan diharapkan selesai pada hari yang sama waktu Belgia.



Sumber: ANTARA