20 Kandidat Bersaing Jadi Capres Demokrat

20 Kandidat Bersaing Jadi Capres Demokrat
Pete Buttigieg, salah satu kandidat capres Partai Demokrat untuk Pemilihan Presiden Tahun 2020, yang baru berusia 37 tahun. (Foto: Istimewa)
Jeany Aipassa / JAI Rabu, 24 April 2019 | 15:28 WIB

Washington, Beritasatu.com - Sekitar 20 kandidat dipastikan akan bersaing menjadi calon presiden (capres) Partai Demokrat untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2020. Menariknya, ke-20 kandidat tersebut lebih banyak merupakan wajah baru dan kalangan muda.

Setelah meraih kemenangan di pemilihan umum sela tahun lalu dan menguasai DPR, Partai Demokrat diperkirakan akan mendulang banyak dukungan dalam Pilpres 2020, dengan memanfaatkan kekhawatiran dan kekecewaan rakyat AS terhadap pemerintahan Presiden Donald Trump yang memperuncing perpecahan.

Hal itu, membuat banyak kandidat yang tertarik mengikuti pencalonan presiden Partai Demokrat Tahun 2020, untuk menantang Donald Trump yang diperkirakan akan kembali menjadi capres Partai Republik.

Beberapa kandidat populer dan berasal dari kalangan lanjut usia adalah Bernie Sanders (77) yang sebelumnya bersaing dengan Hillary Clinton saat konvensi capres Partai Demokrat Tahun 2016.

Selanjutnya adalah mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden (76), yang secara resmi akan mengumumkan keikutsertaannya sebagai kandidat capres Partai Demokrat pada Kamis (25/4/2019).

Selain itu ada Elizabeth Ann Warren (69) yang merupakan profesor hukum yang mengajar di sejumlah universitas terkenal dan menjadi senator dari Massachusetts.

Sedangkan kandidat capres dari kalangan muda dan baru pertama kali maju dalam konvensi capres Partai Demokrat antara lain Kamala Harris, mantan Jaksa Agung California yang warga keturunan India dari ibunya. 

Ada juga Robert Francis O'Rourke, yang dikenal sebagai Beto O'Rourke, yang merupakan pengusaha, musisi, sekaligus politisi Partai Demokrat Amerika yang mewakili distrik kongres ke-16 Texas selama tiga periode di DPR AS.

Salah satu kandidat capres dari kalangan muda yang menarik perhatian adalah Peter Paul Montgomery Buttigieg atau Peter Buttigieg yang merupakan veteran perang Amerika, politisi, sekaligus walikota South Bend, Indiana, yang baru berusia 37 tahun.



Sumber: Suara Pembaruan/Washington Post/CNN