Kim dan Putin Gelar Pertemuan Bilateral

Kim dan Putin Gelar Pertemuan Bilateral
Polisi lalu lintas berjaga di dekat lampu merah yang dihiasi oleh bendera Rusia dan Korut di Kota Vladivostok, Rusia, Rabu (24/4/2019). ( Foto: AFP / Kirill KUDRYAVTSEV )
Jeanny Aipassa / WIR Kamis, 25 April 2019 | 11:20 WIB

Moskwa, Beritasatu.com- Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, menggelar pertemuan pertama mereka di Kota Vladivostok, bagian timur Rusia, Kamis (25/4). Pertemuan Kim dan Putin tersebut digelar dua bulan setelah gagalnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kedua, antara Kim dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trumpm di Hanoi, Vietnam, pada akhir Februari 2019.

Kim tiba di Moskwa, Rusia, pada Rabu (24/4), dan melanjutkan perjalanan selama sembilan jam dengan menggunakan kereta untuk menuju ke Kota Vladivostok. Kantor Berita Rusia, TASS, melaporkan kereta yang digunakan Kim melewati jalur kereta tunggal di sepanjang perbatasan Taman Nasional “Tanah Macan Tutul” menuju ke stasiun di Kota Ussuriysk. Perjalanan ke Ussuriysk sekitar 260 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar tujuh jam.

Selanjutnya dari Ussuriysk, kereta yang digunakan Kim kemudian terhubung dengan Kereta Api Trans-Siberia menuju Vladivosttok dengan jarak sekitar 70 kilometer dan membutuhkan waktu selama dua jam perjalanan.

Kim mengungkapkan kegembiraan dan antusiasmenya berkunjung ke Rusia untuk bertemu dengan Putin. Dia berharap pertemuannya dengan Putin akan bermanfaat dan berhasil, khususnya untuk membahas masalah penyelesaian situasi di Smeenanjung Korea dan mengembangkan hubugan bilateral kedua negara.

“Saya senang berada di tanah Rusia. Saya datang ke Rusia dengan perasaan hangat dan dukungan dari orang-orang Korea Utara,” kata Trump.

Putin akan menjadi pemimpin dunia keenam yang bertemu dengan Kim Jong-un, sejak dia memimpin Korut pada 2011. Kim baru mulai membuka diri untuk mengadakan pertemuan dengan pemimpin dunia, sejak tahun 2018.

Pemimpin dunia pertama yang ditemui Kim adalah Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Keduanya bertemu saat Kim berkunjung sebanyak empat kali ke Beijing dan Dalian. Perjalanan pertama Kim ke Tiongkok adalah pada Maret 2018, yang sekaligus menjadi perjalanan luar negeri pertamanya sejak menjadi pemimpin Korut.

Pemimpin dunia kedua yang bertemu dengan Kim adalah Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in. Pertemuan keduanya berlangsung sebanyak dua kali, pertama di perbatasan Korsel-Korut dan kedua kali ketika Moon berkunjung ke Pyongyang.



Sumber: Suara Pembaruan