Diserang Teroris, 17 Tentara Niger Tewas

Diserang Teroris, 17 Tentara Niger Tewas
Para tentara Niger bersiaga untuk mengantisipasi gangguan keamanan dari kelompok teroris. ( Foto: Ventures Africa / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 16 Mei 2019 | 09:27 WIB

Niamey, Beritasatu.com- Sedikitnya 17 tentara Niger tewas dan 11 tentara lainnya hilang dalam serangan kelompok bersenjata di dekat perbatasan Mali. Pada Rabu (15/5), juru bicara pemerintah Niger Abdourahamane Zakaria mengatakan lokasi serangan berada di sarang sejumlah kelompok Jihad.

Serangan pada Selasa (14/5) terjadi di dekat kota Tongo Tongo, tempat pejuang dari afiliasi Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) membunuh empat pasukan khusus Amerika Serikat (AS) dan empat tentara Niger dalam serangan pada Oktober 2017.

Seperti dilaporkan Reuters, Zakaria tidak mengidentifikasi pelaku serangan, yang merupakan salah satu yang paling mematikan terhadap militer di barat Niger dalam beberapa tahun terakhir.

Jihadis, termasuk afiliasi Al Qaeda dan ISIS, telah meningkatkan serangan terhadap target militer dan sipil di seluruh wilayah Sahel Afrika Barat tahun ini, terutama di sepanjang perbatasan berpori antara Niger, Mali dan Burkina Faso.

Niger juga menghadapi ancaman keamanan di tenggara dari Boko Haram dan kelompok sempalan yang berafiliasi dengan ISIS, yang keduanya berbasis di Nigeria. Meskipun demikian, kedua milisi itu sering menyerang di negara tetangga, Niger, Chad, dan Kamerun.



Sumber: Suara Pembaruan