Di Pemilu Eropa, Blok Kuat Kehilangan Mayoritas Suara

Di Pemilu Eropa, Blok Kuat Kehilangan Mayoritas Suara
Iklan dan poster kampanye tampak menghiasi sepanjang jalan di Kota Paris, Prancis untuk pemilihan parlemen Eropa pada Minggu (26/5/2019). ( Foto: AFP/Getty Images / Joel Saget )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Senin, 27 Mei 2019 | 16:50 WIB

London, Beritasatu.com-  Blok-blok kuat di parlemen Eropa yaitu kanan-tengah dan kanan-kiri telah kehilangan dukungan mayoritas gabungan mereka setelah peningkatan dukungan untuk kelompok liberal, Partai Hijau, dan nasionalis. Partai Rakyat Eropa kanan-tengah masih menjadi blok terbesar dan diharapkan membentuk koalisi pro-Uni Eropa.

Di pihak lain, Liberal dan Hijau berhasil menambah jumlah dukungan, sedangkan nasionalis diperkirakan meraih kemenangan di Italia dan Prancis. Tingkat partisipasi dalam pemilu Eropa kali ini merupakan yang tertinggi dalam kurun 20 tahun.

Kubu populis meraih dukungan di sejumlah negara, tapi sesuai prediksi, tetap mengalami penurunan dukungan yang signifikan. Di Inggris, partai yang baru terbentuk Partai Brexit, mengklaim kemenangan besar, serta kinerja kuat oleh Liberal Demokrat di tengah kekalahan masif yang dialami oleh Partai Konservatif dan Partai Buruh.

Para pengamat menilai Partai Rakyat Eropa (EPP) yang independen tampaknya akan membentuk koalisi besar dengan blok Sosialis dan Demokrat dengan dukungan dari Partai Liberal dan Partai Hijau. Parlemen Eropa bertugas membantu membentu rancangan undang-undang untuk UE dan hasilnya akan berperan besar kepada siapa yang menjabat di Komisi Eropa selaku eksekutif dari blok tersebut.

UE yang beranggotakan 28 negara, termasuk Inggris, lewat pemilu kali ini akan menentukan orang-orang yang berhasil mendapatkan 751 kursi di parlemen Eropa untuk periode lima tahun mendatang. Masa jabatan parlemen baru dimulai 2 Juli 2019.

Sementara itu, Partai Hijau memperlihatkan keberhasilannya dalam mendapatkan dukungan terbesar sepanjang pemilu Eropa dengan memenangkan 70 kursi dan mengambil 9,32 persen suara berdasarkan hasil sementara. Ketua bersama Partai Hijau Inggris dan Wales, Sian Berry, menyatakan rasa bangga atas hasil tersebut.

“Hasil luar biasa dari Partai Hijau di seluruh Eropa, berdiri bersama di seluruh dunia untuk tindakan mendesak atas iklim, melawan penghematan, untuk keadilan sosial dan melawan kebencian. Sangat bangga dengan gerakan kita malam ini,” kata Berry.



Sumber: Suara Pembaruan