Biaya Keamanan Trump di Inggris Habiskan Rp 324 Miliar

Biaya Keamanan Trump di Inggris Habiskan Rp 324 Miliar
Presiden AS Donald Trump (kiri) bersama Melania Trump diterima Ratu Inggris Elizabeth di Istana Buckingham, London, Inggris. ( Foto: AFP/Getty Images / ALASTAIR GRANT )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 5 Juni 2019 | 10:05 WIB

Washington, Beritasatu.com- Biaya operasi keamanan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump selama kunjungan ke Inggris bernilai lebih dari £18 juta atau sekitar Rp 324 miliar. Seperti dilaporkan BBC, biaya itu dikucurkan menjelang dan selama kunjungan Trump ke Inggris, yang dimulai pada Senin (3/6).

Presiden Donald Trump dan Melania bertemu dengan Ratu Elizabeth di hari pertama kunjungan kenegaraan ke Inggris. Trump dijamu makan siang di Istana Buckhingham.

Mulai dari pesawat sampai kendaraan limusin lapis baja digunakan dalam pengamanan kunjungan tiga hari Trump, atas undangan Ratu Elizabeth.

Tim pendahulu Gedung Putih tiba terlebih dahulu pekan lalu. Sejumlah operasi keamanan dan kendaraan telah digunakan selama kunjungan Trump.

Donald Trump tiba di Inggris dengan pesawat Air Force One, di Bandara Stansted.

Pesawat Air Force One dibuat sedemikian rupa dan termasuk tahan ledakan nuklir. Air Force One adalah Boeing 747-200B dengan kode 28000 dan 29000.

Pesawat apapun yang digunakan presiden selalu diacu sebagai Air Force One. Pesawat Air Force One dikategorikan sebagai pesawat militer yang dirancang dapat menangkal serangan udara, dapat mengacak radar musuh dan dapat mengisi bahan bakar di udara dalam kondisi darurat.

Menurut laporan media AS, Trump didampingi semua anak-anaknya yang dewasa bersama pasangan mereka. Oleh sebab itu, rombongan presiden perlu pesawat kedua.



Sumber: Suara Pembaruan