Logo BeritaSatu

Survei Ipsos MORI: Hubungan AS-Korut Tak Berubah

Rabu, 12 Juni 2019 | 15:56 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / JAI

Brussels, Beritasatu.com - Mayoritas warga Amerika Serikat (AS), Tiongkok, Jepang dan Rusia, menilai hubungan antara Washington dan Pyongyang tak mengalami perubahan atau sama saja dengan setahun lalu.

Demikian hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga survei Ipsos MORI atas inisiatif Ketua Yayasan Korea-Universitas Vrije Brussel (KF-VUB), Ramon Pacheco Pardo, terikait peringatan setahun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-Korut, yang berlangsung di Singapura, pada 12 Juni 2018.

Survei dilakukan oleh Ipsos MORI dengan melakukan wawancara kepada 1.000 warga di AS, Tiongkok, Jepang, dan Rusia selama dua pekan, sejak akhir Mei 2019 hingga awal Juni 2019.

Hasil survei Ipsos MORI menunjukkan 30% warga AS menilai hubungan kedua negara tak mengalami banyak perubahan dengan setahun lalu ketika Donald Trump dan Kim Jong-un bertemu untuk pertama kali. Sedangkan 27% warga Jepang menilai hubungan AS-Korut justru memburuk.

Tiongkok adalah satu-satunya negara yang mayoritas respondennya menyebut hubungan AS-Korut telah meningkat. Secara garis besar, publik di negara-negara yang disurvei tampaknya menunggu untuk melihat apakah kesepakatan tercapai, atau sebaliknya, perundingan gagal.

“Fakta bahwa tidak ada kesepakatan di Hanoi, meskipun dalam pembangunannya ada diskusi tentang kesepakatan, kemungkinan termasuk deklarasi damai, telah berdampak negatif dalam pandangan publik tentang proses diplomatik dengan Korut,” kata Ramon Pacheco Pardo.

Lebih dari setengah warga yang disurvei di AS dan Jepang meyakini sanksi-sanksi seharusnya dijalankan berbarengan dengan dialog dengan Korut. Sebaliknya, diplomasi menjadi pilihan populer diantara rakyat Rusia, sebesar 69 persen.

Di Tiongkok, 43 persen responden memprioritaskan untuk fokus kepada diplomasi atau mendukung pendekatan jalur ganda yaitu diplomasi dan sanksi.

Pemerintahan Donald Trump telah memberlakukan tekanan maksimum untuk melawan Korut, mendesak adanya peta jalan komprehensif tentang pembongkaran situs nuklir Korut untuk merealisasikan perjanjian Denukrilisasi Korut, yang disepakati pada KTT AS-Korut, di Singapura.

Namun, Korut, dengan dukungan Tiongkok dan Rusia, menuntut sanksi-sanksi yang telah diberlakukan AS harus dicabut terlebih dahulu setelah menghentikan sebagian program nuklirnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Reuters/AFP/Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian kini bergerak menuju wilayah Carolina Selatan pada Jumat, sehari setelah membawa kehancuran di semenanjung Florida, dengan menewaskan 21 orang

NEWS | 1 Oktober 2022

Putusan MK Thailand Buka Jalan untuk PM Prayut Kembali Menjabat

Mahkamah Konstitusi (MK) Thailand pada hari Jumat (30/9/2022) memutuskan, PM Prayut Chan-o-cha tidak melebihi maksimum delapan tahun.

NEWS | 1 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Akhir Pekan, Seluruh Jakarta Hujan Siang hingga Malam

Prakiraan cuaca BMKG, Jakarta pada akhir pekan ini akan diwarnai hujan yang turun ringan hingga lebat.

NEWS | 1 Oktober 2022

Peristiwa Cilegon, MUI: Tak Boleh Halangi Pendirian Rumah Ibadah

MUI menegaskan bahwa, agama Islam tak mengajarkan penganutnya untuk mempersulit pendirian rumah ibadah agama lain.

NEWS | 1 Oktober 2022

TGUPP: Anies Baswedan Atasi Persoalan Banjir di Jakarta

“Banyak program kerja yang sudah dilakukan Pemerintahan Anies Baswedan dalam mengatasi masalah banjir,” ujar Anggota TGUPP, Muslim Muin.

NEWS | 1 Oktober 2022

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Keempat dalam Sepekan

Korut kembali menembakkan rudal balistik ke arah pantai timur wilayahnya pada Sabtu (1/10/2022) yang menandai peluncuran keempat dalam sepekan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kecelakaan Mobil Jatuh ke Jurang, Pasutri di NTB Meninggal Terbakar

Satu unit mobil pick up bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas LPG terjun ke dalam jurang sejauh 100 M dan terbakar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Dandang Betawi, Buku Resep Kuliner Langka Khas Betawi

Warisan budaya Betawi dilestarikan dalam bentuk buku resep tradisional dan resep kuliner langka khas Betawi atau buku Dandang Betawi.

NEWS | 1 Oktober 2022

Rizky Billar Makan Omongannya Sendiri tentang Selingkuh

"Seorang pernah berkata, Selingkuh itu murah, maka hanya dilakukan oleh orang murahan," ucap Rizky Billar.

NEWS | 1 Oktober 2022

Anggota DPR Intan Fauzi Ajak Kaum Milenial dan Gen Z Gabung Parpol

Anggota Komisi VI DPR RI Intan Fauzi mengatakan dengan bergabung parpol, kaum muda bisa berperan sebagai pengambil kebijakan.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

NEWS | 33 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings