Tiongkok Larang Semua Daging Asal Kanada

Tiongkok Larang Semua Daging Asal Kanada
CFO Huawei Technologies Co, Wanzhou Meng. ( Foto: CNN )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 26 Juni 2019 | 10:49 WIB

Ottawa, Beritasatu.com- Kedutaan Besar Tiongkok menyatakan telah menangguhkan semua ekspor daging Kanada. Tindakan itu dilakukan seiring peningkatan dramatis sengketa diplomatiknya dengan Kanada setelah penangkapan Desember eksekutif Huawei Meng Wanzhou di Vancouver.

Langkah Tiongkok terbaru itu dilakukan ketika Perdana Menteri Justin Trudeau akan berangkat pada Rabu (26/6) untuk menghadiri KTT para pemimpin G20. Di sana, Trudeau diperkirakan akan bergantung pada Presiden Donald Trump untuk membebaskan dua orang Kanada yang ditahan selama pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Kepada The Canadian Press pada Selasa (25/6), Kedutaan Tiongkok menyatakan bahwa langkah terakhir ini mengikuti deteksi residu dari aditif pakan terbatas yang disebut ractopamine oleh inspektur bea cukai Tiongkok dalam sejumlah produk daging babi Kanada. Penggunaan aditif telah diizinkan di Kanada tetapi dilarang di Tiongkok.

"Penyelidikan selanjutnya mengungkapkan bahwa sertifikat kesehatan hewan resmi yang dilampirkan pada batch daging babi yang diekspor ke Tiongkok adalah palsu dan jumlah sertifikat pemalsuan itu mencapai 188. Pihak Kanada percaya bahwa insiden ini adalah pelanggaran pidana," kata pernyataan kedutaan.

Menurut Kedutaan Tiongkok, sertifikat palsu itu dikirim ke otoritas regulasi Tiongkok melalui saluran pemberitahuan sertifikat resmi Kanada, yang mencerminkan bahwa sistem pengawasan ekspor daging Kanada jelas ada celah keamanan.

“Oleh karena itu, Tiongkok mengambil "langkah-langkah pencegahan yang mendesak" untuk melindungi pelanggan Tiongkok dan telah meminta pemerintah Kanada untuk menangguhkan semua sertifikat ekspor daging,” kata kedutaan.



Sumber: Suara Pembaruan