Tornado Landa Tiongkok, 6 Orang Tewas

Tornado Landa Tiongkok, 6 Orang Tewas
Orang-orang mencari barang-barang yang tersisa di antara rumah-rumah yang rusak akibat angin puting beliung di kawasan industri di Kaiyuan di provinsi Liaoning, Tiongkok timur laut, Kamis (4/7/2019). (Foto: AFP / Dokumentasi)
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 6 Juli 2019 | 21:04 WIB

Beijing, Beritasatu.com- Sedikitnya 6 orang tewas dan 190 orang lainnya luka-luka setelah tornado melanda Kota Kaiyuan, Provinsi Liaoning, di timur laut Tiongkok, pada Rabu (3/7). Menurut outlet media pemerintah Xinhua, sejumlah 43 orang dari korban luka dirawat di rumah sakit setempat.

Tornado menghantam sekitar pukul 17.15 waktu setempat dan merobek kota hanya dalam 15 menit.

Meskipun hanya hanya 15 menit, durasi itu yang cukup untuk menghancurkan sekitar 250 hektar tanaman dan merusak lebih dari 4.300 rumah. Tornado juga menghancurkan jendela dan meruntuhkan tembok, menurut otoritas setempat dan media pemerintah.

Pada Kamis (4/7), kata pihak berwenang setempat, lebih dari 800 pekerja penyelamat berlomba untuk menemukan para korban yang terjebak di antara puing-puing.

Menurut pemerintah setempat, sekitar 210 orang telah diselamatkan dari bangunan yang rusak dan lebih dari 1.600 orang telah dievakuasi dari kota, sementara 63 orang dirawat di rumah sakit.

Pemerintah setempat telah menyiapkan empat lokasi perlindungan sementara untuk warga yang terkena dampak.

Meskipun Tiongkok dilanda sekitar 10 hingga 100 tornado setahun, menurut ahli meteorologi CNN, tornado parah jarang terjadi. Pada 2017, tornado yang menghantam Provinsi Yunnan di barat daya Tiongkok merupakan tornado pertama kali yang telah didokumentasikan dalam lebih dari 30 tahun.

Salah satu tornado paling mematikan dalam sejarah Tiongkok baru-baru ini melanda Provinsi Jiangsu pada tahun 2016. Tornado itu menewaskan sedikitnya 98 orang dan 800 orang lainnya luka-luka.



Sumber: Suara Pembaruan