Indonesia Berpeluang Ikut Bangun Kembali Irak

Indonesia Berpeluang Ikut Bangun Kembali Irak
Mayra Andrea (kedua kiri) bersalaman dengan Ahmad Al Yaqoub disaksikan Dubes Andy Rachmianto (tengah). ( Foto: Istimewa )
Anselmus Bata / AB Selasa, 9 Juli 2019 | 14:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia Jordan Business Council (IJBC), Senin (8/7/2019), telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Jordanian Construction Contractors Association (JCCA) di KBRI Amman, Yordania.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (9/7/2019), disebutkan dengan MoU tersebut, IJBC atau mitra dari Indonesia dapat menjalin kerja sama yang lebih kuat untuk ikut serta dalam pembangunan sejumlah proyek infrastruktur, gedung, dan proyek konstruksi lainnya yang telah dimiliki JCCA sebagai bagian dari pembangunan kembali Irak.

Penandatanganan MoU dilakukan Presiden IJBC, Mayra Andrea dan Presiden JCCA, Ahmad Al Yaqoub. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Dubes Indonesia di Amman, Andy Rachmianto, beserta jajaran KBRI Amman.

Dubes Andy Rachmianto menyambut baik MoU antara IJBC dan JCCA. Menurutnya, kerja sama tersebut merupakan peluang emas bagi Indonesia, khususnya BUMN dan pelaku bisnis yang bergerak di bidang konstruksi, untuk mengikuti tender proyek-proyek pembangunan infrastruktur senilai US$ 4,6 miliar yang dimiliki oleh JCCA dari Pemerintah Yordania.

“Pasca-kesepakatan ini, kedua pihak diharapkan dapat segera menyusun rencana aksi sebagai tindak lanjut, termasuk kegiatan saling kunjung dan pertemuan dengan badan usaha yang berminat untuk ikut tender," kata Dubes Andy.

Presiden JCCA, Ahmad Al Yaqoub mengemukakan bahwa kedekatan hubungan antara Indonesia dan Yordania menjadi pertimbangan utama JCCA menjalin kerja sama dan kesepakatan dengan IJBC. Dalam waktu dekat pihaknya akan menyertakan delegasi Indonesia berkunjung ke Irak untuk melihat langsung rencana proyek-proyek rekonstruksi, khususnya di Baghdad dan Basra.

Sementara itu, Mayra Andrea menyampaikan terima kasih atas fasilitas, dukungan, dan kerjasama yang diberikan KBRI Amman, sehingga IJBC dapat menjalin kerja sama lebih jauh dengan JCCA.

“Selaku presiden IJBC, kami akan segera menyiapkan rencana aksi yang diperlukan, termasuk mempertemukan JCCA dengan mitra potensial di Indonesia yang berminat ambil bagian dalam proyek-proyek pembangunan kembali Irak," kata Mayra.



Sumber: BeritaSatu.com