Berselisih dengan Trump, Dubes Inggris Mundur

Berselisih dengan Trump, Dubes Inggris Mundur
Sir Kim Darroch ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 11 Juli 2019 | 08:08 WIB

London, Beritasatu.com- Sir Kim Darroch telah mengundurkan diri sebagai duta besar Inggris untuk Amerika Serikat (AS), di tengah perselisihan tentang email yang bocor yang mengkritik pemerintahan Presiden Donald Trump.

Duta besar dicap sebagai "orang yang sangat bodoh" oleh presiden AS, setelah muncul email yang menyebut pemerintahannya "ceroboh dan tidak kompeten".
Kantor Luar Negeri Inggris memuji "profesionalisme dan kelas" Sir Kim.

Duta Besar mengatakan dia ingin mengakhiri spekulasi, menambahkan kebocoran telah membuatnya "mustahil" untuk melakukan pekerjaannya.

"Sejak bocornya dokumen resmi dari Kedutaan Besar ini, ada banyak spekulasi seputar posisi saya dan lamanya masa jabatan saya sebagai duta besar. Saya ingin mengakhiri spekulasi itu,” kata Sir Kim dalam sepucuk surat kepada Kantor Luar Negeri.

Menanggapi surat itu, Kepala Layanan Diplomatik Inggris Sir Simon McDonald mengatakan Sir Kim telah menjalani "karier panjang dan terhormat, dengan martabat, profesionalisme, dan berkelas".

Lebih jauh, PM Theresa May mengungkapkan penyesalan besar bahwa Sir Kim merasa perlu untuk mengundurkan diri. May mengatakan para pejabat perlu untuk dapat memberikan "saran penuh dan jujur".

"Sir Kim telah memberikan pelayanan seumur hidup kepada Inggris dan kami berhutang budi padanya," tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan