Inggris Kawal Kapalnya yang Melewati Selat Hormuz

Inggris Kawal Kapalnya yang Melewati Selat Hormuz
Kapal Inggris HMS Montrose (tengah) mengawal kapal Stena Important (kiri) dan Sea Ploeg di perairan Teluk Arab. ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Jumat, 26 Juli 2019 | 20:44 WIB

London, Beritasatu.com- Angkatan Laut (AL) Inggris akan mengawal kapal-kapal berbendera Inggris yang melewati Selat Hormuz. Para pemilik kapal telah diminta untuk memberitahu Departemen Transportasi tentang pelayaran mereka melewati selat itu, menyusul langkah Iran yang menahan kapal tanker Inggris Stena Impero pekan lalu.

“Angkata Laut Kerajaan telah ditugaskan untuk mendampingi kapal-kapal berbendera Inggris yang melewati Selat Hormuz, baik secara individu maupun kelompok, seandainya ada pemberitahuan yang cukup tentang perjalanan mereka,” kata juru bicara pemerintah Inggris, Kamis (25/7).

“Kebebasan navigasi penting bagi sistem perdagangan global dan perekonomian dunia dan kami akan melakukan apa pun yang bisa untuk mempertahankannya,” tambah pernyataan itu.

Langkah perlindungan ini bersifat sementara sebelum pembicaraan tentang perkembangan pasukan perlindungan maritim internasional baik yang dipimpin oleh Eropa, tapi terpisah dari Amerika Serikat atau bergabung dengan AS. AS sendiri menyerukan konferensi atas masalah itu pada Kamis.

Menteri Luar Negeri baru Jeremy Hunt telah mengusulkan pasukan maritim Eropa, dengan alasan pihaknya kemungkinan akan mendapatkan lebih banyak dukungan dibandingkan konvoi pimpinan AS karena AS ingin membatalkan kesepakatan nuklir Iran, sedangkan Eropa tidak mau.

Belum jelas apakah pemerintahan baru PM Inggris Boris Johnson akan mengejar kemenangan untuk Eropa yang mungkin akan menganggu AS sebagai kekuatan dominan di wilayah itu. Beberapa negara Teluk mengusulkan konferensi maritim, yang akan mengundang Iran, untuk mendapatkan prinsip-prinsip dasar atas perlindungan maritim.



Sumber: Suara Pembaruan