Tiba di Bangkok, Menlu Akan Hadiri Pertemuan Menteri ASEAN

Tiba di Bangkok, Menlu Akan Hadiri Pertemuan Menteri ASEAN
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat tiba di Bangkok, Thailand, Senin (29/7), untuk menghadiri rangkaian ASEAN Ministerial Meeting dan Post Ministerial Conference (AMM/PMC). ( Foto: Dok Kemlu )
Natasia Christy Wahyuni / WBP Selasa, 30 Juli 2019 | 12:12 WIB

Bangkok, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia (RI) Retno Marsudi telah tiba di Bangkok, Thailand, Senin (29/7/2019) sore, untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting (AMM) ke-52. Retno langsung menggelar rapat koordinasi dengan delegasi Indonesia untuk membahas persiapan dalam rangkaian pertemuan tersebut, yang juga diikuti pertemuan ASEAN dengan mitra wicaranya (Post Ministerial Conference/PMC).

Dikutip dari siaran pers Kemlu, Selasa (30/7/2019), Retno akan menghadiri enam pertemuan di hari pertama dalam rangkaian AMM/PMC yang mulai digelar hari ini.

Keenam pertemuan itu adalah pertemuan bilateral dengan Menlu Tiongkok Wang Yi, pertemuan bilateral dengan Menlu Vietnam Pham Binh Minh, pertemuan dengan wakil Indonesia untuk ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AIHCR), pertemuan dengan perwakilan AIHCR dari semua negara ASEAN, pertemuan Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone (SEANWFZ) Commission, dan Pertemuan para Menlu ASEAN dalam format Working Dinner.

Selanjutnya, Rabu (31/7/2019), menlu RI akan menggelar tujuh pertemuan yaitu dengan perwakilan khusus PBB untuk Myanmar Christine Schraner Burgener, pertemuan kehormatan dengan PM Thailand Prayut Chan-o-cha, pertemuan AMM ke-52, pertemuan retreat menlu ASEAN, pertemuan ASEAN-Tiongkok, pertemuan ASEAN-Rusia, dan pertemuan ASEAN-Selandia Baru.

Sedangkan, pada Kamis (1/8/2019), Retno dijadwalkan menghadiri sembilan pertemuan, yaitu pertemuan ASEAN-Australia, ASEAN-Jepang, ASEAN-India, ASEAN-Kanada, ASEAN-Amerika Serikat (AS), ASEAN-Uni Eropa (UE), ASEAN-Korea Selatan, serta pertemuan bilateral dengan Perwakilan Tinggi UE untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan, pertemuan ke-17 Menlu Dialog Pasifik Baraat Daya, dan pertemuan bilateral dengan Menlu Filipina Teodoro Locsin.

Pada hari terakhir, Jumat (2/8/2019), Menlu Retno akan mengikuti tiga pertemuan yaitu ASEAN Plus Three, East Asia Summit (EAS), dan ASEAN Regional Forum (ARF).



Sumber: Suara Pembaruan