Warga Irak Ikut Kibarkan Merah Putih di Baghdad

Warga Irak Ikut Kibarkan Merah Putih di Baghdad
Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Baghdad, Irak, Sabtu, 17 Agustus 2019. ( Foto: Istimewa / KBRI Baghdad )
Asni Ovier / AO Minggu, 18 Agustus 2019 | 23:10 WIB

Baghdad, Beritasatu.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baghdad, Irak, ikut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyelenggarakan upacara bendera di tengah berbagai keterbatasan dan belum kondusifnya situasi keamanan Irak. Yang menarik, dua warga Irak ikut mengibarkan bendera Merah Putih saat upacara berlangsung di halaman KBRI Baghdad, Sabtu (17/8/2019).

Dalam siaran pers KBRI Baghdad yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Minggu (18/8/2019), disebutkan, walaupun dengan keterbatasan, upacara bendera yang diadakan pada Sabtu (17/8/2019) di KBRI Baghdad berlangsung dengan khidmat ditemani udara pagi musim panas di Irak yang cukup menyengat.

Duta Besar RI untuk Irak, Bambang Antarikso, bertindak selaku pembina upacara peringatan HUT ke-74 RI yang dihadiri seluruh staf KBRI Baghdad, pelajar Indonesia dari Najaf, warga Indonesia yang bekerja di Baghdad, dan warga Irak sahabat Indonesia.

Setelah upacara dilakukan syukuran dalam bentuk tradisi "Keruk Tumpeng" dan pembagian hadiah kepada pemenang pertandingan olah raga. Sebelumnya, KBRI Baghdad telah melaksanakan pertandingan olahraga yang diikuti seluruh staf kedutaan dan beberapa pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Najaf.

Upacara HUT RI di Baghdad tahun ini cukup menarik perhatian, karena dua orang dari tiga pengibar bendera adalah warga Irak. Seorang bernama Amir adalah staf KBRI dan satunya lagi, Hasan, adalah putra dari staf KBRI. Bagi Hasan, pengibaran itu merupaan yang pertama kali dilakukan dan dia harus belajar baris-berbaris serta mengibarkan bendera.

Kedua warga Irak tersebut mengaku bangga dipilih untuk menjadi tim pengibar bendera dan hal itu menunjukkan kedekatan hubungan antara warga Indonesia dan Irak. Setelah berakhirnya upacara, Dubes Bambang menyalami pengibar bendera, panitia dan seluruh peserta upacara, sekaligus memberi ucapan selamat dan terima kasih atas lancarnya pelaksanaan upacara.



Sumber: BeritaSatu.com