PM Denmark: Greenland Tidak Dijual

PM Denmark: Greenland Tidak Dijual
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen berbicara kepada pers di Copenhagen, Rabu (21/8/2019), setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan kunjungan kenegaraan setelah pemerintah Denmark menyatakan wilayah Greenland tidak untuk dijual. ( Foto: AFP / Ritzau Scanpix / Mads Claus Rasmussen )
Jeanny Aipassa / WIR Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:17 WIB

Copenhagen, Beritasatu.com- Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen menolak rencana Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump utuk membeli Greenland. Frederiksen menegaskan bahwa Greenland tidak dijual.

Frederiksen bahkan menggambarkan rencana itu “tidak masuk akal” dan berharap Trump tidak serius dengan pernyataannya.

Wacana Trump ingin membeli Greenland ini muncul sejak pekan lalu. Trump membenarkan kabar bahwa dia tengah mendiskusikan kemungkinan pembelian pulau itu, meski belum menjadi prioritas.

Trump menuturkan bahwa AS telah lama membidik peluang untuk membeli Greenland. Dia menganggap rencana tersebut adalah ide yang bagus.

Greenland merupakan satu pulau di Atlantik Utara yang sebagian besar wilayahnya dilapisi es. Pulau terbesar di dunia itu merupakan wilayah otonomi yang dikontrol oleh Denmark.

Wilayah itu dianggap penting karena AS memiliki pangkalan udara di Thule yang dibangun pada tahun 1951. Pangkalan udara ini berperan penting karena memiliki Sistem Peringatan Dini Rudal Balistik.

Namun pada Rabu, Frederiksen menanggapi rencana Trump tersebut, dengan menegaskan bahwa Denmark tidak pernah berniat menjual Greenland. Dia bahkan menyebut rencana Trump tersebut “absurd” atau tidak masuk akal.

Tak lama setelah pernyataan Frederiksen, Trump mengumumkan membatalkan rencana kunjungan kenegaraan ke Denmark. Tak hanya itu, dia juga menyebut Frederiksen telah membuat pernyataan yang “keji” terhadapnya.



Sumber: Suara Pembaruan