Merkel Sampaikan Ultimatum Brexit saat Kunjungan Johnson

Merkel Sampaikan Ultimatum Brexit saat Kunjungan Johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (kanan) meletakkan kakinya di atas meja saat pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) di Istana Elysee, Paris, Prancis, Kamis (22/8/2019). ( Foto: AFP / Christophe PETIT TESSON )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 23 Agustus 2019 | 21:55 WIB

Berlin, Beritasatu.com- Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan ultimatum kepada Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson untuk menyampaikan rencana baru Brexit dalam tenggat waktu 30 hari.

Merkel menyampaikan kepada Johnson bahwa dia perlu datang dengan usulan spesifik atas alternatif-alternatif terkait backstop (penghalang) Irlandia.

Klausul backstop menjadi persoalan paling kontroversial yang menghambat kesepakatan Brexit. Johnson menambah tekanannya untuk menghapuskan backstop, tapi tidak menyiapkan detail lebih lanjut.

“Inggris telah menyampaikan kepada kami ide-ide untuk menyelesaikan masalah backstop, menambahkan bahwa itu bukan tugas kanselir untuk menemukan solusi,” kata Merkel dalam konferensi pers bersama Johnson di Berlin, Rabu (21/8) malam.

Dia menekankan setiap upaya harus dilakukan demi membangun rencana jelas untuk hubungan masa depan antara Inggris dan Uni Eropa (UE).

“Kami selalu mengatakan akan menemukan solusinya dalam dua tahun ke depan. Tapi mungkin, Anda akan menemukan solusi dalam 30 hari, mengapa tidak? Lalu kita akan melangkah maju,” tambah Merkel.



Sumber: Suara Pembaruan