2023, Rusia Tawarkan Turki Kirim Astronot Pertama

2023, Rusia Tawarkan Turki Kirim Astronot Pertama
Roket luar angkasa Rusia. ( Foto: themoscowtimes / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 30 Agustus 2019 | 11:22 WIB

Moskwa, Beritasatu.com- Kepala badan antariksa Roscosmos Rusia, Dmitry Rogozin telah menawarkan bantuan kepada Turki untuk mengirimkan astronot pertamanya ke luar angkasa. Seperti dilaporkan RT, Rabu (28/8), tawaran Rusia ini merupakan cara menarik untuk menandai peringatan 100 tahun Republik Turki.

Kepala Roscosmos membuat saran selama acara udara MAKS-2019 pada hari Selasa, saat ia bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pemimpin Turki menghadiri pembukaan pertunjukan udara dua tahunan bersama tuan rumah Rusia-nya Vladimir Putin.

"Kami memiliki proposal bersama untuk Anda - untuk mengirim astronot Turki ke orbit untuk menandai peringatan Republik. Cosmonaut Training Center siap untuk mengerjakan ini,” kata Rogozin kepada Erdogan, merujuk pada perayaan yang akan datang dari pendirian Republik pada tahun 1923.

Moskwa sedang berusaha memperdalam kerja sama dengan Turki di bidang luar angkasa. Rogozin menambahkan "berbagai pilihan" untuk kolaborasi telah dibahas.

“Kami akan berpartisipasi dalam pekerjaan terhormat Anda. Saya berterima kasih atas nama negara kami, terima kasih atas pekerjaan yang telah Anda lakukan,” kata Erdogan yang tersanjung oleh tawaran itu.

Turki telah berupaya mengirim seorang astronotnya ke luar angkasa selama beberapa tahun. Ambisi ruang Ankara semakin diperkuat tahun lalu, ketika secara resmi membentuk badan antariksa nasional.



Sumber: Suara Pembaruan