Kapal Tanker Iran Terbakar di Lepas Pantai Saudi

Kapal Tanker Iran Terbakar di Lepas Pantai Saudi
Foto dokumentasi pada 12 Maret 2017 ini memperlihatkan satu kapal tanker Iran yang berlabuh di platform fasilitas minyak di Pulau Khark, di pantai Teluk. ( Foto: AFP / ATTA KENARE )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 11 Oktober 2019 | 15:21 WIB

Teheran, Beritasatu.com- Satu ledakan telah menyebabkan kebakaran pada kapal tanker Iran di dekat pantai Arab Saudi. Seperti dilaporkan BBC, Jumat (11/10), kapal itu, dari perusahaan minyak nasional Iran (NOIC), berjarak 97 km dari kota pelabuhan Saudi, Jeddah, ketika insiden itu terjadi.

Sejumlah laporan menyebutkan dua tangki penyimpanan utama kapal mengalami kerusakan. Kondisi itu menyebabkan tumpahan minyak ke Laut Merah, tetapi tidak ada awak yang terluka.

Menurut situs berita Iran Front Page, perusahaan tanker nasional Iran (NITC) menyatakan api telah padam dan tumpahan minyak berkurang seminimal mungkin.

TV pemerintah Iran mengidentifikasi kapal itu sebagai kapal tanker minyak Sinopa. Perusahaan pelacak kapal maritim Tanker Trackers menyatakan kapal tanker itu secara teratur digunakan untuk mengangkut minyak ke pemerintah Suriah, meskipun ada sanksi internasional.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Arab Saudi.

Bulan lalu, 18 pesawat tak berawak dan tujuh rudal jelajah menghantam ladang minyak utama dan fasilitas pemrosesan di Arab Saudi. Pihak Saudi menyalahkan Iran atas serangan itu.

Pejabat AS mengatakan Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap dua tanker minyak di Teluk pada Juni dan Juli, serta serangan terhadap empat tanker lainnya pada Mei.

NOIC mengklaim kapal itu terkena rudal, tetapi tidak memberikan bukti. Sementara Iran membantah terlibat dalam semua insiden.



Sumber: Suara Pembaruan