Perundingan AS-Tiongkok Capai Tahap I Kesepakatan

Perundingan AS-Tiongkok Capai Tahap I Kesepakatan
Donald Trump dan Xi Jinping. ( Foto: AFP )
Jeanny Aipassa / WIR Sabtu, 12 Oktober 2019 | 19:58 WIB

Washington, Beritasatu.com- Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok mencapai tahap I kesepakatan yang mengakhiri perang dagang, setelah melalui perundingan selama dua hari, 10-11 Oktober 2019, di Washington DC.

"Kesepakatan ini mencegah kenaikan tarif yang dijadwalkan untuk minggu depan (15 Oktober 2019, Red) yang aka memberikan relaksasi sementara dalam perang dagang yang berkepanjangan dan menyakitkan secara ekonomi," kata Presiden AS, Donald Trump, di Gedung Putih, Washington, Jumat (11/10).

Menurut Trump, negosiator dari AS dan Tiongkok telah mencapai kesepakatan "Tahap 1" yang akan diselesaikan rinciannya dalam beberapa minggu ke depan, dan secara resmi akan ditandatangani pada November 2019.

Kesepakatan tahap I mencakup bidang pertanian, yang akan membantu petani dan agrobisnis AS yang telah terpukul oleh perang dagang.

"Perjanjian substansial di bidang pertanian menyepakati Tiongkok akan membeli produk pertanian AS senilai US$ 40 miliar hingga US$ 50 miliar setiap tahun," ujar Trump.

Kesepakatan itu, juga membuat Tiongkok menyetujui perlindungan untuk kekayaan intelektual AS, dan memberi perusahaan jasa keuangan AD lebih banyak akses ke pasar Tiongkok.

Sebagai kompensasinya, AS tidak akan menerapkan kenaikan tarif barang-barang Tiongkok sebesar 30% senilai US$ 250 miliar pada 15 Oktober 2019. Namun Presiden Trump belum membuat keputusan akhir apakah akan tetap memberlakukan kenaikan tarif tambahan pada 15 Desember 2019.

"Ini adalah langkah besar yang akan melalui beberapa bagian, secara bertahap. Jadi, akan ada dua fase atau tiga fase (kesepakatan, Red)," kata Trump seusai pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok, Liu He, di Gedung Putih, Jumat.

Tahap I kesepakatan perdagangan AS-Tiongkok tersebut dapat ditandatangani Presidrn Donald Trump bersama Presiden Tiongkok, Xi Jinping, pada pertemuan para pemimpin global, di Santiago, Chili, pada November 2019. Fase berikutnya akan dimulai segera setelah itu.



Sumber: Suara Pembaruan