Biaya Pengerahan Pasukan AS Ditanggung Arab Saudi

Biaya Pengerahan Pasukan AS Ditanggung Arab Saudi
Foto dokumentasi 18 Juli 2019 memperlihatkan Jenderal Korps Marinir AS Kenneth F. McKenzie Jr (kiri tengah), Komandan Komando Pusat AS (CENTCOM), berjabat tangan dengan perwira militer Saudi saat kunjungannya ke pangkalan militer di al-Kharj di Arab Saudi tengah. ( Foto: AFP / Fayez Nureldine )
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 13 Oktober 2019 | 13:57 WIB

Riyadh, Beritasatu.com- Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed telah menyetujui pengerahan pasukan dan peralatan tambahan Amerika Serikat (AS).Biaya pengerahan pasukan AS bahkan resmi ditanggung Arab Saudi.

Kantor berita pemerintah SPA melaporkan pada Sabtu (12/10), soal persetujuan Raja Salman atas penambahan pasukan AS setelah ketegangan dengan Iran.

Presiden AS Donald Trump mengatakan AS tidak akan menanggung biaya pengerahan pasukan. “Arab Saudi, atas permintaan saya, telah setuju membayar kami atas semua yang kami lakukan,” ujarnya.

Beberapa sekutu Trump di Partai Republik menyerukan serangan balasan atas tindakan Iran, namun Trump sejauh ini menolak. Masih belum jelas apakah pasukan yang baru datang itu akan menggantikan pasukan Amerika lainnya yang diperkirakan meninggalkan wilayah itu beberapa pekan atau bulan mendatang.

Amerika Serikat mengumumkan pengerahan sekitar 3.000 tentara ke negara Teluk itu, termasuk skuadron tempur, sayap ekspedisi udara dan personel pertahanan udara, di tengah meningkatnya ketegangan dengan saingan berat saingan saingannya Iran, Iran.

Presiden Donald Trump mengatakan Saudi sepakat untuk membayar penempatan pasukan. Laporan SPA hanya menyatakan bahwa keputusan datang dalam konteks “hubungan bersejarah dan kemitraan yang mapan” antara kedua negara.



Sumber: Suara Pembaruan