Pertama Kali, Putin Bertemu Presiden Ukraina di KTT Paris

Pertama Kali, Putin Bertemu Presiden Ukraina di KTT Paris
Dari kiri, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tiba untuk pertemuan di Ukraina di Istana Elysee, Paris, Senin (9/12/2019). ( Foto: AFP / Ian LANGSDON )
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 10 Desember 2019 | 21:14 WIB

Paris, Beritasatu.com- Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk pertama kalinya pada Senin (9/12) di pertemuan puncak di Paris, Prancis. Pertemuan ini bertujuan memajukan upaya untuk memulihkan perdamaian di Ukraina bagian timur.

Zelenskiy dan Putin mengadakan pembicaraan bersama dengan para pemimpin Prancis dan Jerman dalam upaya baru untuk mengakhiri konflik yang telah menewaskan lebih dari 13.000 orang sejak 2014.

Namun para diplomat memperingatkan bahwa prospek perdamaian sedang suram. Saat ini, Zelenskiy, seorang komedian yang terpilih menjadi presiden, secara politis dibatasi di dalam negeri dan harus waspada karena terlalu banyak kebobolan. Di sisi lain, Putin menunjukkan sedikit sinyal untuk tunduk pada tekanan dari negara luar.

Setelah serangkaian pertemuan bilateral di Istana Elysee, Putin dan Zelenskiy memasuki ruangan untuk pertemuan empat pemimpin yang tidak melakukan kontak mata satu sama lain dan tanpa senyum. Mereka tidak berjabat tangan di depan kamera.

“Masalah utama adalah masalah membangun kepercayaan sehingga kita dapat bergerak ke arah tujuan memulihkan kedaulatan Ukraina,” kata sumber diplomatik Prancis.

Ada sedikit tanda solusi damai untuk krisis meskipun kesepakatan gencatan senjata 2015 di Minsk. KTT yang berlangsung Senin (9/12) adalah pertama kalinya keempat pemimpin bertemu di bawah format yang disebut Normandia sejak 2016.



Sumber: Suara Pembaruan