KTT WEF Akan Minta Komitmen Para Pengusaha Hapus Emisi Karbon

KTT WEF Akan Minta Komitmen Para Pengusaha Hapus Emisi Karbon
World Economic Forum (WEF). ( Foto: AFP / Fabrice Coffrini )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Minggu, 19 Januari 2020 | 20:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perubahan iklim menjadi tema utama Konferensi Tingkat Tinggi World Economic Forum (WEF) 21-24 Januari 2020 di Davos, Swiss. Semua perusahaan yang menghadiri pertemuan itu akan diminta untuk menghapus emisi karbon hingga nol (net zero carbon emission) sebelum tahun 2050.

Pendiri WEF Klaus Schwab mengatakan KTT WEF merupakan kesempatan yang tepat untuk menunjukkan kepemimpinan dalam menghadapi perubahan iklim.

"Komitmen mengatasi isu perubahan iklim sesuai dengan 2020 Davos Manifesto dan tema pertemuan ke-50 KTT WEF: Stakeholder untuk Dunia yang Kohesif dan Berkelanjutan. Oleh karena itu, kami mendorong Anda sebagai pemimpin-pemimpin perusahaan terkemuka dunia untuk menunjukkan komitmen terkait perubahan iklim," demikian disampaikan Schwab dalam suratnya kepada undangan KTT.

Para pemimpin perusahaan juga diminta untuk mengumumkan jejak emisi karbon yang mereka tinggalkan dan dampak/risiko terhadap lingkungan.

Menurut Intergovernmental Panel on Climate Change, emisi gas rumah kaca terus meningkat 1,5 persen per tahun, padahal seharusnya emisi berkurang 3-6 persen per tahun dari tahun ini hingga 2030 untuk menghindari kenaikan suhu global sebesar 1,5-2 derajat celsius.



Sumber: BeritaSatu.com