Satu Pasien Virus Korona di Jepang Meninggal Dunia

Satu Pasien Virus Korona di Jepang Meninggal Dunia
Pemerintah Jepang, Rabu, 5 Februari 2020, mengkarantina sebuah kapal pesiar berpenumpang 3.711 orang karena diduga ada penumpang yang terjangkit virus korona jenis baru (2019-nCoV). ( Foto: AFP )
Asni Ovier / AO Kamis, 13 Februari 2020 | 20:54 WIB

Tokyo, Beritasatu.com – Jepang mengkonfirmasi kematian pasien yang positif terjangkit virus korona jenis baru (Covid-19), Kamis (13/2/2020). Pasien itu adalah seorang perempuan berusia sekitar 80 tahun.

Namun, Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato mengatakan, meski perempuan itu terinfeksi virus korona, namun masih belum jelas apakah virus itu yang menyebabkan kematiannya. “Hubungan antara virus korona baru dengan kematiannya masih belum jelas,” ujar Menkes Kato.

“Meski demikian, ini kasus pertama seseorang yang positif (terjangki virus korona, Red),” ujar Kato seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (13/2/2020).

Menkes Kato mengatakan, perempuan tersebut tinggal di Perfektur Kanagawa. Gejala terjangkit virus terjadi pada 22 Januari lalu dan dia dirawat di rumah sakit sejak 1 Februari lalu.

“Dia adalah diduga telah terjangkit virus korona jenis baru. Hasil tes positif sebelum dia meninggal dunia,” katanya.

Kasus kematian ini terjadi saat Jepang telah mengkonfirmasi lebih dari 200 orang terinfeksi virus korona di kapal pesiar. Para penumpang di kapal itu sedang menjalani karantina sejak awal Februari ini.

Para penumpang kapal yang positif terjangkit virus telah dibawa ke rumah sakit. Lima pasien yang positif berada dalam kondisi serius.

Otoritas Jepang mengatakan, mereka akan mengizinkan penumpang kapal yang berusia lanjut untuk dipindahkan ke kapal milik pemerintah yang didesain khusus. Penumpang lansia itu akan dikarantina di tempat itu sampai mereka dinyatakan negatif terjangkit virus.

Sejauh ini terdapat 218 penumpang kapal yang dinyatakan positif terjangkit virus, termasuk warga Jepang yang dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok.



Sumber: BeritaSatu.com