Observasi Virus Korona Segera Berakhir, WNI di Diamond Princess Akan Dipulangkan

Observasi Virus Korona Segera Berakhir, WNI di Diamond Princess Akan Dipulangkan
Kapal pesiar Diamond Princess. (Foto: ANTARA)
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 17 Februari 2020 | 21:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan masa observasi 78 WNI di Kapal Diamond Princess akan berakhir 19 Februari 2020. Kemudian, pemerintah akan menjemput mereka untuk dibawa pulang ke Indonesia.

“Untuk Kapal Diamond Princess, jumlah kru WNI ada 78 orang, dari penumpang tidak ada yang berwarga negara Indonesia. Menurut informasi dari otoritas Jepang, masa karantina (observasi) ini akan berakhir pada 19 Februari 2020. Jadi sekarang 17 Februari, artinya dua hari lagi,” kata Retno Marsudi seusai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Hingga saat ini, pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan otoritas Jepang. Selain itu, tim dari KBRI Tokyo juga melakukan komunikasi dengan 78 kru WNI. Bahkan pihaknya sempat mengirimkan beberapa keperluan logistik untuk mereka.

“Kita terus melakukan komunikasi dengan mereka, sampai detik terakhir mereka masih dalam kondisi baik dengan kondisi spirit yang cukup baik. Mudah-mudahan situasinya tak berubah. Kita akan pantau terus,” ujar Retno Marsudi.

Menurutnya, tim dari Kementerian Kesehatan sudah berangkat ke Tokyo untuk mengantisipasi masa observasi selesai dan mengatur kepulangan 78 WNI tersebut. Berdasarkan informasi dari otoritas Jepang, saat masa observasi selesai pada 19 Februari, Jepang akan melakukan pengecekan kesehatan 78 WNI selama dua hari. Dengan begitu, mereka baru bisa dipulangkan ke Indonesia pada tanggal 23 atau 24 Februari 2020.

“Kalau mereka pulang, itu berarti mereka dalam kondisi sehat. Ketika mereka kembali, sudah tak memerlukan masa observasi lagi di Indonesia. Karena masa observasi sudah dilaksanakan di kapal tersebut,” terang Retno Marsudi.



Sumber: BeritaSatu.com