Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri Mahathir

Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri Mahathir
Mahathir Mohamad (tengah). ( Foto: AFP )
Heru Andriyanto / HA Senin, 24 Februari 2020 | 19:57 WIB

Kuala Lumpur, Beritasatu.com - Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah telah menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri, Senin (24/2/2020), tetapi tetap memintanya bekerja sampai pengganti yang definitif ditunjuk.

Mahathir secara mengejutkan mengirim surat pengunduran diri ke Istana Negara pada pukul 13.00 waktu setempat.

Kepastian sikap raja Malaysia untuk menerima pengunduran diri Mahathir itu disampaikan oleh Sekretaris Negara Mohd Zuki Ali lewat pernyataan resmi, seperti dikutip media setempat New Straits Times.

"Namun, Yang Dipertuan Agung tetap menunjuk Tun Dr Mahathir Mohamad sebagai pelaksana tugas perdana menteri, sementara menunggu penunjukan perdana menteri baru sesuai dengan Pasal 43 Ayat 2a Konstitusi Federal," kata Zuki.

"Oleh karena itu, selama periode ini, beliau (Mahathir) akan tetap memimpin jalannya pemerintahan negara sampai perdana menteri baru ditunjuk dan kabinet baru dibentuk," imbuh Zuki.

Mahathir, 94, kembali menjadi perdana menteri pada Mei 2018, atau 15 tahun setelah pensiun dari jabatan yang sama yang dia pegang selama 22 tahun.

Baca juga: PM Malaysia Mahathir Mohamad Mundur



Sumber: New Straits Times