Jokowi Hargai Penangguhan Umrah untuk Cegah Virus Corona

Jokowi Hargai Penangguhan Umrah untuk Cegah Virus Corona
Presiden Joko Widodo mencium Hajar Aswad di depan putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep saat melakukan ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin, 15 April 2019. (Foto: Istimewa)
Lenny Tristia Tambun / Novy Lumanauw / FMB Kamis, 27 Februari 2020 | 12:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pemerintah Indonesia menghargai dan menghormati keputusan Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara ibadah umrah akibat adanya wabah virus corona.

Karena keputusan tersebut diambil untuk menjaga kesehatan penduduk Arab Saudi dengan mencegah atau mengantisipasi masuknya virus corona ke negara Arab Saudi.

“Pertama itu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi. Kita menghargai, kita menghormati. Karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomor-satukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai,” kata Jokowi seusai menghadiri Indonesia Digital Economy Summit 2020 di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (27/2/2020).

Karena baru mendapatkan informasi tersebut kemarin, Jokowi mengakui belum berkomunikasi dengan Kementerian Agama untuk menindaklanjuti keputusan Pemerintah Arab Saudi tersebut. “Belum. Saya baru mendapatkan informasi kemarin,” ujar Jokowi.

Penangguhan sementara umrah ke Arab Saudi tidak hanya berlaku untuk Indonesia, tetapi juga untuk semua negara. “Saya kira ini kan tidak hanya untuk Indonesia, tetapi untuk semua negara. Karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus corona. Kita sangat menghargai itu,” jelas Jokowi.

Seperti diketahui, untuk mencegah penularan virus corona, Pemerintah Arab Saudi resmi menghentikan sementara izin umrah bagi seluruh negara, termasuk juga untuk Indonesia. Penghentian sementara izin ibadah umrah itu resmi diumumkan melalui pengumuman atau maklumat dari Pemerintah Arab Saudi melalui surat edaran Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah Arab Saudi, Dr Abdulaziz bin Abdul Rahim dan Zan, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: Akibat Virus Corona, Arab Saudi Hentikan Perjalanan Umrah



Sumber: BeritaSatu.com