Khawatir Corona, AS Batalkan Pertemuan dengan Pemimpin ASEAN

Khawatir Corona, AS Batalkan Pertemuan dengan Pemimpin ASEAN
Presiden AS Donald Trump ( Foto: AFP / MANDEL NGAN )
/ AB Sabtu, 29 Februari 2020 | 10:28 WIB

Washington, Beritasatu.com - Amerika Serikat (AS) memutuskan menunda pertemuan dengan para pemimpin negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Maret akibat kekhawatiran terhadap penyebaran corona. Presiden AS Donald Trump mengundang pemimpin 10 anggota ASEAN bertemu di Las Vegas setelah dirinya tak hadir dalam KTT ASEAN di Bangkok November 2019.

"Saat komunitas internasional bekerja bersama untuk mengalahkan corona, AS membuat keputusan sulit untuk menunda pertemuan para pemimpin ASEAN," kata salah satu sumber pejabat senior pemerintahan kepada Reuters, Jumat (28/2/2020).

Pejabat itu menambahkan AS menilai penting hubungannya dengan ASEAN dan berharap melakukan pertemuan mendatang.

Keputusan itu muncul akibat kekhawatiran virus corona akan menyebar di AS saat banyak negara melaporkan infeksi baru, sejumlah perusahaan mengumumkan larangan kepada karyawan untuk bepergian, dan pasar saham global yang terus merosot.

Jumlah kasus corona yang terkonfirmasi di AS kini mencapai 64 orang. Sebagian besar adalah para penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang dipulangkan dari pelabuhan di Jepang.



Sumber: ANTARA