Timor Leste Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

Timor Leste Laporkan Kasus Pertama Virus Corona
Ilustrasi Covid-19. ( Foto: AFP )
/ CAH Sabtu, 21 Maret 2020 | 17:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Timor Leste melaporkan kasus pertama virus corona (Covid-19), Sabtu (21/3/2020). Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Dili, Eka Mauboy mengatakan informasi tersebut disampaikan langsung oleh wakil menteri kesehatan Timor Leste, Ella Amaral.

Pemerintah Timor Leste melakukan pembatasan sementara akses di perbatasan darat, laut, dan udara bagi seluruh warga negara asing dari 147 negara, termasuk Indonesia, selama empat minggu mulai 19 Maret.

Menurut data lapor diri di KBRI Dili, ada sekitar 9.600 warga negara Indonesia yang menetap di Timor Leste.

Pemerintah Indonesia sementara membatasi impor dari Timor Leste dan rute penerbangan ke negara itu mulai Jumat (20/3/2020) kemarin sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

"Per siang ini, 21 Maret, ada satu warga negara Timor Leste positif COVID-19, berita ini disampaikan secara resmi oleh wakil menteri kesehatan Timor Leste, Ella Amaral," kata Eka Mauboy.

Selama krisis kesehatan corona-19 berdampak pada dua negara, Pemerintah Indonesia melarang sementara barang impor dari Timor Leste ke Indonesia. Akan tetapi, produk ekspor seperti sembako, perlengkapan medis, dan bahan bakar minyak masih diizinkan untuk dikirim dari Indonesia ke Timor Leste, terang KBRI Dili.

"Untuk sementara, rute penerbangan Transnusa Kupang-Dili-Kupang diberhentikan. Citilink dan Sriwijaya Air juga akan membatasi jadwal penerbangan Denpasar-Dili-Denpasar," tambah Eka. 



Sumber: ANTARA