Gubernur Kritik Sikap Cuek Warga New York Terhadap Covid-19

Gubernur Kritik Sikap Cuek Warga New York Terhadap Covid-19
Andres M Cuomo ( Foto: Istimewa )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 23 Maret 2020 | 21:32 WIB

New York, Beritasatu.com - Gubernur New York, Andrew M Cuomo, mengkritik sikap cuek warganya terhadap wabah virus corona (Covid-19), sehingga kasusnya meningkat drastis dalam tiga minggu terakhir.

Dalam jumpa pers di New York, Minggu (22/3/2020) waktu setempat atau Senin (23/3/2020) WIB, Cuomo menyebut perilaku warganya yang mengabaikan larangan ke luar rumah dengan tetap memadati pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan ruang publik, sebagai tindakan egois dan membahayakan.

"Ini tidak sensitif, sombong, membahayakan diri sendiri dan orang lain. Anda harus berhenti. Itu harus dihentikan sekarang," ujar Andrew M Cuomo. 

Saat ini lebih dari 15.000 orang di New York dinyatakan positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebagian besar berada di Kota New York, yakni 10.764 kasus. Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal di negara bagian New York hingga Minggu, sebanyak 114 orang. Kota New York bahkan ditetapkan sebagai pusat pandemi corona di Amerika Serikat (AS).

Andrew M Cuomo telah mengambil sejumlah langkah pencegahan darurat, seiring peningkatan kasus corona di negara bagian yang dipimpinnya. Selain memberlakukan isolasi pribadi dan peringatan menjaga jarak sosial, New York juga memberlakukan jam malam.

Semua aktifitas bisnis ditutup pada pukul 20.00 waktu setempat.  Jaringan transportasi tetap beroperasi tetapi dengan jadwal terbatas. Aturan jam malam tersebut, tidak diberlakukan untuk bisnis supermarket, bengkel mobil, pompa bensin dan layanan antar makanan.

Selain itu, Andrew M Cuomo juga telah memerintahkan para walikota untuk segera memberlakukan aturan ketat yang mencegah warganya keluar rumah, termasuk mendesak penutupan jalan dan lalu lintas. 

Namun Gubernur New York berhenti untuk meminta penutupan taman, dengan catatan bahwa ruang hijau publik yang luas seperti Van Cortlandt Park di Bronx, Central Park di Manhattan, dan Prospect Park di Brooklyn, dapat dikunjungi asalkan diterapkan aturan social distancing (jarak sosial) antarwarga. 

Andrew M Cuomo menyerukan kepada generasi muda di New York agar membatasi ke luar rumah dan bersama-sama mengatasi penyebaran corona dengan tidak bersikap masa bodoh.

"Kita bersama-sama mengatasi tantangan, dan ini adalah periode tantangan bagi generasi ini (muda, Red)," ujar gubernur New York.



Sumber: The New York Times