Ini Cara Superman Melawan Corona

Ini Cara Superman Melawan Corona
Superman Fights Coronavirus karya Rick McKee ( Foto: caglecartoons )
Dwi Argo Santosa / DAS Selasa, 24 Maret 2020 | 10:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dunia tengah dilanda wabah virus corona atau Covid-19. Berbagai upaya dilakukan oleh banyak negara agar terhindar dari virus yang hingga kini telah merenggut lebih dari 16.000 nyawa itu. Dalam kondisi bumi seperti ini, apa yang bisa dilakukan sosok superhero seperti Superman? Ternyata manusia super itu melawan corona cukup hanya dengan tinggal di rumah!

Itulah karikatur berjudul Superman Fights Coronavirus karya Rick McKee. Karya tersebut muncul di laman Opini The Mercury News dan kemudian tersebar melalui sejumlah akun twitter maupun facebook.

McKee adalah kartunis yang bergabung dengan The Augusta Chronicle di Georgia, Amerika, sejak Januari 1998. Karya-karyanya disindikasikan oleh Cagle Cartoons ke lebih dari 850 surat kabar di seluruh dunia.

"Superman Fights Coronavirus" karya Rick McKee

 

Pada karyanya ini, McKee menggambarkan Superman dengan baju superheronya sedang duduk di rumah. Ia dihardik ibu angkatnya. “Apakah kamu tidak akan melakukan sesuatu untuk melawan virus corona?” Superman menjawab bahwa ia sedang melawan virus, meski ia duduk di rumah.

Karikatur karya kartunis asal Tallahassee, Florida, Amerika itu memang terasa istimewa dalam kondisi saat ini. Hingga Selasa (24/3/2020) sudah 195 negara terinfeksi Covid-19 dengan jumlah kasus mencapai 378.965 dan 16.515 di antaranya adalah kasus kematian.

Keistimewaan karya McKee, pertama, karikatur ini lucu. Ia mengelitik saraf tawa karena mampu membenturkan dua kondisi yang tidak semestinya atau yang bertentangan. Superman adalah sosok yang sangat populer di dunia sebagai simbol manusia super. Sudah terpatri dalam benak orang di seluruh dunia Superman mengalahkan lawan-lawannya melalui adu kekuatan fisik. Namun, dalam kondisi dunia tengah gundah gulana seperti saat ini, yang disimbolkan dengan ibu angkat Superman yang menghardik, sang manusia super malah duduk santai. Kaki berselonjor sambil memegang koran dan minuman ringan. Superman tidak menggunakan kecepatan gerak, kekuatan otot, atau mengeluarkan sinar X dari matanya untuk melawan musuh.

Kedua, karikatur ini sangat pas memotret hawa keseharian dunia terkini. McKee yang memenangi tempat pertama kompetisi kartun Ranan Lurie UN pada 2013 itu berhasil memotret kondisi masyarakat di banyak negara yang tengah menerapkan social distancing atau pemberlakuan jarak sosial antarwarga.

Kartunis Rick McKee dan karyanya

 

Melalui kebijakan social distancing tersebut, seperti juga di Indonesia, kontak antarmanusia dibatasi guna mencegah penyebaran virus. Semua warga lebih baik tinggal di rumah ketimbang keluar rumah sebagai pembawa virus atau tertular virus. Dengan tinggal di rumah berarti seseorang sudah ikut melakukan penanggulangan penyebaran virus corona.

Social distancing memang tidak ditulis dalam karikatur itu. McKee hanya menulis “Stay Home” pada koran yang dipegang Superman.

Ketiga, karya ini punya muatan satire layaknya sebuah karikatur. Sang ibu dalam gambar tersebut mewakili sebagian orang yang berpandangan bahwa menanggulangi sebuah wabah mestinya dengan upaya-upaya proaktif atau atraktif. Diam di rumah dianggap bukan sebuah tindakan penanggulangan yang heroik. Entah dimaksudkan oleh McKee atau tidak, karikatur ini seolah juga ingin menyampaikan pesan, "Superman yang punya kekuatan super aja di rumah masak lo masih jalan-jalan juga".

Pada akhirnya karikatur ini bukan sekadar karya menggelitik melainkan juga merupakan wahana kampanye menyosialisasikan gerakan social distancing dengan tetap berada di rumah.

Superman yang diam di rumah bukan hanya milik McKee. Komikus DC Comics dan Marvel Comics, Nelson Alexander Ross atau yang dikenal dengan sebutan Alex Ross juga mengunggah Superman karyanya melalui akun twitter. Ia menulis #StayAtHome.

Gambar Ross tentu berbeda dengan karikatur milik McKee. Superman versi Ross lebih realistis seperti kebanyakan komik. Unggahan Ross menggambarkan sosok Superman yang sedang duduk dengan baju terbuka dan di dalamnya terlihat kaos biru berlambang “S”.

Dukungan Ross untuk tetap tinggal di rumah pada masa wabah corona ini cukup berarti mengingat penggemar sosok super hero sangat banyak. Di dunia komikus, Ross cukup terkenal. Karya pria kelahiran Portland, Oregon, Amerika ini bergaya photorealisme. Dari tahun 1990-an akhir, Ross telah membuat karya untuk dua industri komik terbesar dan penerbit paling bersejarah sepanjang zaman, yakni DC dan Marvel Comics.



Sumber: BeritaSatu.com