Pesawat Lionair Jatuh di Bandara Manila, 8 Penumpang Meninggal

Pesawat Lionair Jatuh di Bandara Manila, 8 Penumpang Meninggal
Pesawat Lionair yang mengangkut medis mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA), Minggu malam 29 Maret 2020. ( Foto: Twitter: ABS-CBN News )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Minggu, 29 Maret 2020 | 21:38 WIB

Manila, Beritasatu.com - Otoritas penebangan sipil Filipina (MIAA) melaporkan terjadinya kecelakaan pesawat  di Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA), Minggu malam (29/3/2020). Dilaporkan pesawat yang jatuh tersebut dimiliki Lionair inc dengan nomor ekor RPC5880.

Pesawat lionair berbeda dengan maskapai milik Indonesia Lion Air. Lionair di Filipina merupakan pesawat carter yang digunakan departemen kesehatan Filipina untuk evakuasi medis.

Penerbangan charter yang berangkat ke bandara Haneda di Tokyo itu disebutkan membawa dua penumpang dan enam kru. Ke delapan orang tersebut dilaporkan meninggal dunia.

"Sayangnya, tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan itu," kata MIAA.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 8 malam. Pesawat yang diidentifikasi West Wind 24 itu lepas landas di ujung Runway 24 dan terjatuh sehingga langsung terbakar. 

Tim Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan MIAA segera dikirim ke lokasi untuk memadamkan api dengan busa kimia.

Pihak berwenang telah menutup sementara landasan pacu saat penyelidik dari Badan Investigasi Kecelakaan Pesawat Udara Otoritas Penerbangan Sipil Filipina menentukan penyebab insiden itu.



Sumber: ABS-CBN News