Trump Sebut AS Tidak Akan Cover Biaya Keamanan Harry dan Meghan

Trump Sebut AS Tidak Akan Cover Biaya Keamanan Harry dan Meghan
Harry dan Meghan Markle setelah kunjungan mereka ke rumah Kanada. ( Foto: WPA Pool/Getty Images / Daniel Leal-Olivas )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 30 Maret 2020 | 05:22 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada Sabtu atau Minggu WIB (29/3/2020) bahwa AS tidak akan membayar jasa pengamanan untuk Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle, yang disebut pindah dari Kanada ke Los Angeles, AS.

Presiden dalam akun media sosial Twitter menyebut bahwa dirinya adalah teman dan pengagum yang hebat Ratu Elizabeth dan Inggris. “Dilaporkan bahwa Harry dan Meghan, yang meninggalkan Kerajaan, akan tinggal secara permanen di Kanada,” cuit Presiden Trump. “Sekarang mereka telah meninggalkan Kanada ke AS, AS tidak akan membayar untuk perlindungan keamanan mereka. Mereka harus membayar!"

Baca juga: Harry dan Meghan Markle Berhenti Gunakan Gelar "Yang Mulia"

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara pasangan Harry dan Megan mengatakan bahwa mereka tidak berencana meminta sumber daya keamanan pemerintah AS. keduanya akan menggunakan keamanan swasta, menurut Evening Standard.

Pada Januari, Pangeran Harry dan Markle mengumumkan mundur dari tugas kerajaan Inggris. Artinya mereka tidak akan lagi menerima dana publik dari Sovereign Grant, mekanisme pendanaan tahunan monarki.

Baca juga: Resmi Mundur dari Kerajaan Inggris, Meghan Markle Kembali Jadi Filantropi

Pasangan itu mengatakan akan membagi waktu antara Amerika Utara dan Inggris.

Pangeran Harry dan Markle mulai ke Kanada pada November 2019. Tetapi pada 27 Februari, setelah pengumuman keberangkatan mereka, seorang juru bicara pemerintah Kanada mengatakan pihaknya tidak akan mendanai keamanan pasangan itu.

"Duke dan Duchess diakui sebagai orang-orang yang dilindungi secara internasional, Kanada memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan keamanan berdasarkan kebutuhan," kata pernyataan kepada Canadian Broadcast Corporation.

“Bantuan tersebut akan berhenti dalam beberapa minggu mendatang, sesuai dengan perubahan status mereka.”

Pada Jumat (27/3/2020) surat kabar Inggris The Sun melaporkan bahwa pasangan itu telah pindah ke Los Angeles, tempat Markle dibesarkan.



Sumber: CNBC