Dua WNI Terinfeksi Covid-19 Meninggal di Belanda

Dua WNI Terinfeksi Covid-19 Meninggal di Belanda
Tim khusus pengamanan pemakaman jenasah yang terjangkit virus corona atau Covid-19. ( Foto: Dokumen Humas Polda Metro Jaya )
Natasia Christy Wahyuni / EAS Senin, 6 April 2020 | 20:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan ada dua kasus terbaru warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal akibat virus Covid-19 di Belanda. Jumlah WNI yang terinfeksi Covid-19 di Belanda sebanyak lima orang dengan kondisi dua sembuh, satu stabil, dan dua meninggal dunia.

WNI pertama yang meninggal di Belanda adalah pria berusia 65 tahun, yang meninggal dunia karena Covid-19 setelah sempat dirawat di ICU RS Rotterdam.

"Almarhum sudah tinggal lama di Belanda, sekitar 40 tahunan, dan almarhum sudah dimakamkan,” kata Faizasyah kepada Beritasatu.com di Jakarta, Senin (6/4/2020).

Untuk satu WNI lagi, Faizasyah mengatakan inisialnya adalah JMS yang berusia 66 tahun dan dilaporkan meninggal dunia karena Covid-19.

"Almarhum lahir dan besar di Belanda dan dikabarkan memiliki komplikasi penyakit lain,” kata Faizasyah.

Sampai Senin, jumlah kasus WNI positif Covid-19 di luar negeri sebanyak 249 orang, di antaranya 36 WNI telah sembuh dan 7 WNI meninggal dunia. Tujuh kematian WNI terjadi di Belanda (2 orang), Malaysia (2 orang), Singapura (2 orang), dan Inggris (1 orang).

Jumlah kasus terbanyak WNI terinfeksi virus corona berada di Malaysia (42 orang), Singapura (38 orang), dan India (14 orang). Selain itu, terdapat 72 anak buah kapal (ABK) WNI yang juga positif Covid-19 tersebar di berbagai kapal di seluruh dunia. Seluruh ABK WNI itu dilaporkan dalam kondisi stabil.



Sumber: BeritaSatu.com