Staf Gedung Putih Positif Covid-19, Trump Frustrasi

Staf Gedung Putih Positif Covid-19, Trump Frustrasi
Wapres AS Mike Trump mendengarkan Presiden AS Donald Trump yang berbicara soal laporan yang dirilis Departemen Kehakiman AS mengenai investigasi kampaye 2016 di Washington, AS, Senin (9/12/2019). ( Foto: AFP/ Getty Images / Dark Wilson )
Jeany Aipassa / JAI Senin, 11 Mei 2020 | 12:01 WIB

Washington, Beritasatu.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dikabarkan merasa frustrasi dengan hasil tes yang menunjukkan ada staf Gedung Putih positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Menurut pejabat Gedung Putih, Donald Trump, menganggap kabar tersebut akan mengurangi keseriusan pesannya mengenai kasus Covid-19 di AS yang melambat, serta dorongannya agar negara-negara bagian melonggarkan penguncian (lockdown) dan membuka kembali kegiatan bisnis. 

"Presiden Donald Trump menyuarakan rasa frustrasi bahwa ada staf Gedung Putih dinyatakan positif mengidap virus corona dan  bertanya mengapa stafnya tidak diperintahkan untuk memakai masker sebelum minggu ini," kata pejabat Gedung Putih yang menghadiri rapat dengan Donald Trump, Minggu (10/5/2020).

Dalam rapat itu, Donald Trump menyampaikan kekhawatiran bahwa kabar tersebut akan mengurungkan niat para gubernur untuk mulai membuka kegiatan bisnis secara penuh, padahal Donald Trump meyakini bahwa peningkatan ekonomi hanya akan datang ketika para gubernur memutuskan untuk mencabut lockdown (penguncian). 

"Presiden Donald Trump juga mengatakan bahwa dia tidak ingin berada di dekat siapa pun yang belum dites dan akan membatasi untuk melakukan kontak dengan beberapa orang di Gedung Putih," ujar pejabat tersebut.

Sebelumnya pada Jumat (8/5/2020), Presiden Donald Trump mengonfirmasi bahwa Katie Miller yang merupakan sekretaris Wakil Presiden (wapres) AS Mike Pence dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. 

Donald Trump mengatakan bahwa Miller belum melakukan kontak dengannya, tetapi mencatat bahwa dia telah melakukan kontak dengan Mike Pence.

"Dia adalah wanita muda yang luar biasa, Katie Miller, dia menjalani tes (Covid-19, Red) dengan sangat baik untuk jangka waktu yang lama, dan kemudian tiba-tiba dia dinyatakan positif," kata Donald Trump dalam pertemuan dengan anggota Kongres dari Partai Republik di Gedung Putih.



Sumber: CNN, Suara Pembaruan