Kapal Perang Iran Salah Tembak, 19 Tewas

Kapal Perang Iran Salah Tembak, 19 Tewas
Foto dokumentasi kapal perang Konarak saaat latihan perang bersama Iran, Rusia, dan Tiongkok di Samudra Hindia dan Teluk Oman pada 28 Desember 2019 ( Foto: AFP )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 13 Mei 2020 | 07:02 WIB

Dubai, Beritasatu.com- Satu kapal perang Iran secara tidak sengaja menembakkan rudal ke kapal lainnya saat latihan perang. Pada Senin (11/5), Angkatan Laut Iran menyatakan kejadian itu menewaskan 19 pelaut dan melukai 15 orang lainnya.

Insiden itu terjadi saat pelatihan di Teluk Oman, jalur air sensitif yang menghubungkan ke Selat Hormuz yang dilalui sekitar seperlima dari minyak dunia. Iran secara teratur melakukan latihan di daerah tersebut.

Menurut media pemerintah IRIB, kapal fregat Jamaran menembaki target pelatihan yang dirilis oleh kapal pendukung, Konarak. Namun, kapal pendukung tetap berada terlalu dekat dengan target dan tertembak rudal.

“Insiden itu terjadi di perimeter pelabuhan Bandar-e Jask di Teluk Oman, Iran selatan selama latihan Angkatan Laut Iran pada Minggu sore, tempat 19 pelaut tewas dan 15 orang lainnya terluka,” kata TV pemerintah yang mengutip angkatan laut.

Kantor berita Fars mengutip seorang pejabat militer tak dikenal yang menyangkal beberapa laporan media Iran bahwa Konarak telah tenggelam. Sementara kantor berita mahasiswa ISNA melaporkan angkatan laut sedang melakukan penyelidikan mengenai penyebab insiden itu.

Video yang diposting di Twitter menunjukkan kapal Konarak dalam kondisi yang sangat rusak dengan asap hitam membumbung dari satu sisi.

Namun Reuters tidak dapat secara independen mengonfirmasi keaslian video tersebut.

IRIB menyatakan kapal Konarak buatan Belanda, yang dibeli sebelum Revolusi Islam 1979, telah dirombak pada tahun 2018, dan dilengkapi dengan empat rudal jelajah.