Slovenia Nyatakan Epidemi Covid-19 Berakhir

Slovenia Nyatakan Epidemi Covid-19 Berakhir
Petugas membawa korban terinfeksi virus "corona" ke ambulans. (Foto: AFP)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 16 Mei 2020 | 07:23 WIB

Slovenia, Beritasatu.com - Slovenia menjadi negara Eropa pertama yang menyatakan wabah virus corona (Covid-19) telah berakhir di negaranya.

Pada hari Jumat (15/5/2020), Pemerintah Slovenia secara resmi menyatakan epidemi Covid-19 telah berakhir. Keputusan ini berdasarkan temuan Institut Nasional Kesehatan Masyarakat yang mengatakan semua indikator menunjukkan penyebaran Covid-19 melambat.

Menurut data Kementerian Kesehatan, hanya ada penambahan satu kasus per Kamis, tanpa korban jiwa. Dalam dua pekan terakhir, hanya 35 orang yang terinfeksi. Tingkat reproduksi (R) berada di bawah 1, ini berarti rata-rata, satu orang berpotensi menjangkiti kurang dari satu orang lainnya.

Meskipun epidemi dinyatakan berakhir, Pemerintah Slovenia tetap melakukan tes massa, penelusuran kontak dan melarang kerumunan publik hingga 31 Mei, lalu akan ditinjau kembali. Warganya juga tetap diwajibkan memakai masker hingga akhir bulan.

Dengan populasi hanya 2 juta orang, negara yang berbatasan dengan Italia, Austria, Hungaria dan Kroasia ini memiliki 1.464 kasus positif Covid-19 dengan 103 korban jiwa, berdasarkan data Johns Hopkins University.



Sumber: CNBC.com