Dubes Tiongkok untuk Israel Ditemukan Tewas di Rumah Dinasnya

Dubes Tiongkok untuk Israel Ditemukan Tewas di Rumah Dinasnya
Anggota polisi Israel berbicara kepada orang-orang di rumah duta besar Tiongkok tempat lokasi tewasnya Dubes Tiongkok, di Herzliya, Tel Aviv, pada 17 Mei 2020. (Foto: CNBC / Jack Guez)
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Senin, 18 Mei 2020 | 05:19 WIB

Tel Aviv, Israel - Duta besar Tiongkok untuk Israel ditemukan tewas di rumah dinasnya Minggu pagi (18/5/2020). Kejadian itu telah dikonfirmasi sumber-sumber diplomatik dan polisi Israel ke NBC News. Du Wei yang berusia 57 tahun ditemukan tak bernyawa di apartemennya di Herzliya, kota di utara Tel Aviv.

Juru bicara kepolisian Israel Mickey Rosenfeld mengatakan para petugas berada di tempat kejadian. Dia mengatakan, berdasarkan penilaian pertama timnya, penyebab kematian tampaknya wajar.

Seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan pihaknya akan merilis pernyataan saat kementerian memiliki informasi kuat tentang kematian tersebut.

NBC News telah menghubungi Kedutaan Besar Tiongkok di Tel Aviv untuk memberikan komentar, namun belum direspons.

Baca juga: Israel Berlakukan Masa Karantina 14 Hari bagi Wisatawan Mancanegara

Kematian Du Wei kurang dari seminggu setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengunjungi Yerusalem. Pompeo mengkritik tindakan Tiongkok selama pandemi corona. Mike juga disebut menyerukan para pemimpin Israel untuk berhenti menandatangani infrastruktur besar dan kesepakatan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan Tiongkok.

Menurut situs kedutaan, Du pernah menjabat sebagai atase di Uni Soviet pada awal 1990-an. Dia kemudian bertugas di Kedutaan Tiongkok di Estonia.

Sejak saat itu ia bertugas di berbagai pos kementerian luar negeri Tiongkok dan terlibat dalam perencanaan kebijakan hingga 2016, ketika ia berperan sebagai duta besar Tiongkok untuk Ukraina.

Pada bulan Februari 2020, ia ditunjuk sebagai duta besar Tiongkok untuk Israel.



Sumber: CNBC