Lukisan Anak Jadi Modus Penyelundupan Narkoba ke Penjara Australia

Lukisan Anak Jadi Modus Penyelundupan Narkoba ke Penjara Australia
Foto dokumentasi tanpa tanggal yang dirilis oleh Layanan Korektif New South Wales, Minggu (17/5) memperlihatkan obat-obatan yang disita dari surat-surat tahanan penjara negara bagian New South Wales, Australia. (Foto: AFP / Korektif New South Wales)
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 19 Mei 2020 | 14:39 WIB

Sydney, Beritasatu.com-Upaya penyelundupan narkoba ke dalam penjara di Australia mengalami lonjakan selama penguncian pandemi Covid-19. Penyelundupan narkoba di penjara New South Wales (NSW) Australia bahkan dilakukan lewat lukisan anak. Temuan ini membuat kunjungan narapidana dihentikan untuk sementara.

Pada Minggu (17/5), para pejabat mengatakan zat-zat narkoba itu sering disembunyikan dalam surat, kartu, dan bahkan lukisan anak-anak.

Layanan Korektif NSW, yang mengoperasikan penjara di negara bagian New South Wales yang terpadat di Australia, menyatakan barang selundupan telah disita dari 135 kiriman pos pada bulan April. Jumlah itu tergolong banyak jika dibandingkan dengan rata-rata bulanan hanya 22 kiriman pada 2019.

Temuan ini menyusul penangguhan kunjungan ke tahanan di 38 penjara di seluruh negara bagian pada pertengahan Maret karena wabah virus corona.

Awal bulan ini, petugas penjara menemukan buprenorfin opioid yang disembunyikan di dalam lukisan anak-anak. Potongan-potongan obat ditempelkan di atas kertas dan ditutupi oleh lapisan cat.

“Staf kami menjadi curiga setelah memperhatikan bahwa lukisan matahari memiliki tekstur yang tidak biasa,” kata Layanan Korektif NSW.



Sumber: Suara Pembaruan