Moderna Janji Vaksin Covid-19 Tersedia Januari 2021

Moderna Janji Vaksin Covid-19 Tersedia Januari 2021
Seorang pria berdiri di luar markas Moderna di Cambridge, Massachusetts, Senin (18/5). Perusahaan bioteknologi AS Moderna melaporkan hasil awal yang menjanjikan dari tes klinis pertama dari vaksin eksperimental untuk melawan Covid-19 yang dilakukan pada sejumlah kecil sukarelawan. ( Foto: AFP / Joseph Prezioso )
Jeanny Aipassa / WIR Rabu, 20 Mei 2020 | 14:15 WIB

Massachusetts, Beritasatu.com- Perusahaan farmasi Amerika Serikat, Moderna Inc, menjanjikan vaksin virus corona (Covid-19) yang dikembangkan perusahaan akan tersedia pada Januari 2021 dan dapat digunakan massal.

Kepala Departemen Medis Moderna Inc, Tal Zaks, mengatakan perusahaan telah melakukan uji klinis tahap I untuk kandidat vaksin Covid-19 kepada 45 relawan, dan hasilnya ada delapan relawan yang berhasil membentuk antibodi atau kekebalan tubuh terhadap virus corona.

“Ini benar-benar berita baik, dan perlu kami sampaikan karena kami pikir banyak orang telah menunggu selama beberapa waktu untuk kabar baik ini,” kata Zaks, dalam wawancara dengan CNN, Senin (18/5).

Dia menjelaskan, perusahaan telah memulai fase I pengembangan vaksin Covid-19 pada awal April 2020, dengan menyuntikan vaksin ke tubuh relawan yang terkonfirmasi dalam keadaan sehat.

Secara berkala, para ahli memantau relawan dan menemukan delapan di antaranya mengembangkan antibodi terhadap virus Covid-19 pada tingkat yang kurang lebih setara, bahkan ada yang melebihi pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19.



Sumber: Suara Pembaruan