Sepekan Terakhir, Penambahan Kasus Covid-19 Indonesia Tercepat se-ASEAN

Sepekan Terakhir, Penambahan Kasus Covid-19 Indonesia Tercepat se-ASEAN
Seorang pria mengenakan masker berjalan di Raffles Place yang berada di kawasan bisnis dan keuangan di Singapura. (Foto: AFP)
Dion Bisara / HA Sabtu, 23 Mei 2020 | 00:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam sepekan terakhir hingga Jumat (22/3/2020), jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia bertambah lebih cepat dibandingkan dengan negara-negara tetangganya.

Indonesia mencatat 4.156 kasus baru dalam periode tersebut, menjadi total 20.162 kasus.

Negara terdekat dalam jumlah kasus adalah Singapura yang mengonfirmasi 3.714 kasus baru dalam periode yang sama, walaupun secara total kasusnya masih lebih tinggi dari Indonesia yakni 29.812.

Rata-rata laju pertumbuhan kasus di Indonesia adalah sebesar 3.3 persen per hari dalam sepekan terakhir. Jika terus bertumbuh dengan laju seperti ini, jumlah kasus di Indonesia akan menjadi dua kali lipat, atau lebih dari 40.000 kasus dalam waktu tiga pekan.

Sementara itu, pertumbuhan jumlah kasus di negara-negara anggota ASEAN lainnya tidak lebih dari 2 persen. Brunei dan Laos bahkan
tidak mencatat kasus baru dalam sepekan terakhir.

Beberapa negara lainnya di kawasan ini telah berhasil menekan laju pertumbuhan hingga nyaris 0 persen. Misalnya laju pertumbuhan kasus di Thailand hanya tinggal 0,09 persen, Kamboja 0,12 persen, Vietnam 0,54 persen dan Malaysia 0,49 persen.

Dari sisi tingkat kematian pun, Indonesia teburuk di Asia Tenggara. Sebanyak 6,38 persen kasus yang terdeteksi di Indonesia berakhir dengan kematian.

Filipina sedikit lebih baik, tingkat kematiannya 6,3 persen. Tingkat kematian di Singapura sangat rendah, hanya 0,08 persen. Sedangkan Kamboja, Laos dan Vietnam melaporkan tidak ada kematian di negara mereka selama ini.

Tingkat kematian di negara-negara lainnya lebih kecil dari 5 persen; Myanmar misalnya hanya 3 persen, Thailand 1,8 persen dan Malaysia 1,6 persen.



Sumber: BeritaSatu.com